Refleksi 2014, DPD Tekankan Konsolidasi Nasional

Senin, 22 Desember 2014 - 16:03 WIB
Refleksi 2014, DPD Tekankan Konsolidasi Nasional
Refleksi 2014, DPD Tekankan Konsolidasi Nasional
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengakui tingginya dinamika politik sepanjang tahun 2014. Hal ini terjadi karena adanya dua event akbar yakni Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg).

Hal itu disampaikan Ketua DPD Irman Gusman dalam refleksi akhir tahun 2014 lembaganya dengan tema "Menutup Tahun Politik Mengawali Konsolidasi Nasional". Dengan tema itu, kata Irman, DPD akan melakukan konsolidasi setelah terbentuknya pemerintahan pasca Pemilu 2014.

"Semoga Pemilu 2014 menjadi pelajaran penting dalam pembangunan demokrasi dan pembangunan bangsa ke depan," ujar Irman di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Menurut dia, masih banyak agenda pemerintahan dan ketatanegaraan yang belum dituntaskan. Karenanya, di periode ketiga ini mereka berharap kedudukan dan kewenangan DPD membawa perubahan.

"Bahwa pada periode ketiga ini reposisi kedudukan dan kewenangan DPD akan membawa DPD pada posisi idealnya sehingga mampu berkontribusi maksimal dalam pembangunan bangsa dan negara," terangnya.

Selain itu, dengan adanya pemerintahan baru DPD akan mendukung kebijakan pemerintahan sepanjang sesuai dengan cita-cita bernegara.

"Dalam peran ini DPD akan makin aktif dalam menyuarakan kepentingan daerah dalam hubungannya dengan pengwasan pemerintah," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0361 seconds (0.1#10.140)