Ribuan Personel Disiagakan di 1.960 Titik

Selasa, 16 Desember 2014 - 09:54 WIB
Ribuan Personel Disiagakan...
Ribuan Personel Disiagakan di 1.960 Titik
A A A
JAKARTA - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2015, Polda Metro Jaya mengerahkan 4.000 personel untuk mengawal kegiatan masyarakat yang tersebar di 1.960 titik.

Operasi Lilin Jaya 2014 juga akan dimulai pada 23 Desember hingga 2 Januari 2015. Total ada 102 pos Operasi Lilin Jaya, 61 pos di DKI Jakarta dan 41 pos di luar Jakarta, termasuk di terminal dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Kami sudah rapat koordinasi lintas sektoral untuk kesiapan operasi tersebut. Personel Polda Metro Jaya akan diback-up dari Mabes Polri dan Kodam Jaya sebanyak dua SSK (satuan setingkat kompi),” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono kemarin.

Pengamanan yang dilaksanakan selama 10 hari itu mulai dari rumah ibadah, tempat keramaian hingga berbagai lokasi lain. “Termasuk malam Tahun Baru ada enam titik kegiatan, mulai dari Bundaran HI, Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga kawasan Kota Tua dan Pulau Seribu,” jelasnya.

Pesta perayaan malam pergantian tahun ini kembali diramaikan dengan Jakarta Night Festival (JNF) atau Car Free Night. Polda Metro Jaya akan menempatkan personel di lokasi kegiatan baik petugas berseragam maupun berpakaian preman. “Ada 13 titik panggung yang didirikan Pemprov DKI Jakarta, kita siap amankan. Berdasarkan evaluasi tahun lalu, pada tahun ini kita membuat kanalisasi kendaraan untuk memudahkan anggota melaksanakan pengamanan dan patroli di sepanjang lokasi JNF,” kata Unggung.

Sebelum Operasi Lilin Jaya, kepolisian akan menggelar Operasi Cipta Kondisi, yakni patroli skala besar, razia, dan antisipasi petasan. Adapun untuk seluruh kegiatan pengamanan Natal, seluruh gereja dijaga ketat semaksimal mungkin. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, Operasi Cipta Kondisi difokuskan untuk menindak kejahatan jalanan yang mulai marak.

“Kemarin Operasi Zebra difokuskan pada ketertiban di jalan, sekarang kita lakukan operasi yang mengutamakan peningkatan keamanan dan gangguan kamtibmas,” ungkapnya. Penempatan personel nonseragam juga mulai dilakukan di beberapa titik yang dinilai rawan kejahatan.

Helmi syarif
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1539 seconds (0.1#10.140)