Pabrik Baja Meledak, 7 Pekerja Terluka

Selasa, 16 Desember 2014 - 09:53 WIB
Pabrik Baja Meledak, 7 Pekerja Terluka
Pabrik Baja Meledak, 7 Pekerja Terluka
A A A
CILEGON - Area Steel Making Plant di kawasan PT Krakatau Posco, Jalan Raya Anyer, Kecamatan Ciwadan, Kota Cilegon, pukul 13.10 WIB, kemarin, meledak hingga membakar beberapa bagian pabrik.

Akibatnya, sebanyak 7 pekerja mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit. Ketujuh korban adalah M Rejeki Febriansyah, 24, Heri Kriswanto, 20, Delani, 28, Sofian, 24,Endi Rohendi, 20, Chairul Zaman, 20, dan Yudha, 20. Dari 7 orang itu, 5 karyawan PT Krakatau Posco dan 2 karyawan perusahaan outsourcing. Warga Ciwadan, Sudarajat, 26, mengatakan suara ledakan di pabrik baja itu mengagetkan warga sekitar.

Setelah ledakan munculkepulanasapyangmembumbung tinggi dan menarik perhatian warga untuk mendekat ke area pabrik patungan Korea dan Indonesia tersebut. “Petugas keamanan perusahaan menjaga ketat pabrik dan melarang kami masuk,” ujarnya. Ledakan di area Steel Making Plant ini saat proses pengolahan dari besi cair menjadi baja.

Menurut Corporate Secretary PT Krakatau Posco Christiawaty Ferania, ledakan yang terjadi di bagian converter menimbulkan kerusakan pada sebagian dinding dan atap bangunan. Setelah diperiksa secara seksama tidak ditemukan kerusakan pada peralatan utama. “Diperkirakan penyebab ledakan karena adanya rembesan air yang jatuh ke dalam converter yang berisi baja cair,” katanya.

Dia menambahkan korban ledakan saat ini sebagian sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing dan sebagian lagi masih dalam perawatan medis. Kapolres Cilegon AKBP Defrian Donimando mengaku belum bisa masuk ke area pabrik karena masih berbahaya sehingga penyelidikan hanya di luar lokasi kejadian. “Penyebab ledakan secara pasti belum kami ketahui karena menurut tim teknis masih sangat berbahaya,” ujarnya.

Teguh mahardika
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5260 seconds (0.1#10.140)