Tahun Depan Sungai Cisadane Dikeruk

Selasa, 16 Desember 2014 - 09:53 WIB
Tahun Depan Sungai Cisadane Dikeruk
Tahun Depan Sungai Cisadane Dikeruk
A A A
TANGERANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menjanjikan, tahun depan akan melakukan pengerukan Sungai Cisadane. Pengerukan dilakukan sebagai antisipasi banjir.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai bertemu dengan Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PU-Pera, Jakarta, kemarin. Pertemuan tersebut juga dihadiri seluruh kepala daerah se-Jabodetabek.

Menurut Arief, pihaknya memang meminta bantuan kepada pemerintah pusat karena Pemkot Tangerang tidak memiliki dana untuk pengerukan Sungai Cisadane karena struktur APBD Kota Tangerang masih difokuskan pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Pemerintah pusat akan mengeruk Cisadane dengan anggaran Rp100 miliar dari kebutuhan Rp1,9 triliun. Sisanya multiyears, 3-4 tahun. Saya yakin ini bukan PHP (pemberi harapan palsu), akan direalisasikan, tinggalDPR-nyamengesahkan atau enggak,” ujarnya.

Arief menjelaskan, pihaknya diminta Kementerian PUPera untuk memberikan asistensi supaya program itu bisa masuk ke dalam APBN 2015. Dalam pertemuan itu Arief sangat mengharapkan, penanganan banjir tahun depan bisa lebih masif dan terkoordinasi. Selain itu, tahun depan Pemkot Tangerang akan mendapatkan bantuan Rp2 triliun untuk pembangunan elevated busway dari perbatasan DKI Jakarta di Petukangan hingga Ciledug dengan panjang 5 km.

Dana tersebut juga digunakan untuk pembuatan jalan di sepanjang Kali Mookervart. Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dalam pertemuan tersebut dia menyebutkan bahwa sejumlah sungai yang melintasi di wilayah Kabupaten Tangerang sudah harus dibenahi.

“Sudah banyak sedimensedimen tanahnya,” ujarnya. Menurut Zaki, yang mendesak sekarang dilakukan pengerukan dan pendalaman Sungai Cisadane, Kali Cimanceri, dan Kali Cidurian. Cara ini dinilai efektif untuk menanggulangi banjir.

Denny irawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8469 seconds (0.1#10.140)