Kamera Tepat untuk Berlibur

Minggu, 14 Desember 2014 - 11:57 WIB
Kamera Tepat untuk Berlibur
Kamera Tepat untuk Berlibur
A A A
Akhir tahun segera tiba, sebagian dari kita tentu sudah merencanakan perjalanan liburan bersama keluarga. Ratusan momen akan tercipta saat berlibur dan jika diabadikan dalam foto akan menyenangkan untuk melihatnya kembali di masa depan.

Banyak sekali pilihan kamera yang bisa digunakan untuk mengabadikan momenmomen istimewa saat liburan. Beberapa hal bisa dipertimbangkan saat memilih kamera terbaik untuk kita bawa saat berlibur.

Pertama, situasi pemotretan seperti apa yang akan kita hadapi saat memotret, apakah kebanyakan di luar ruang atau dalam kondisi pencahayaan minim malam hari dan dalam ruangan. Apakah kita akan terus memotret objek-objek statis seperti lanskap pemandangan, bangunan bersejarah atau keluarga yang berpose di satu tempat? Atau memotret objek yang bergerak cepat.

Kedua, apa yang akan kita lakukan dengan foto-foto yang kita abadikan tersebut. Ada perbedaan besar dalam ukuran dan kualitas foto yang kita perlukan untuk keperluan posting di media sosial dengan foto yang akan dicetak dan dipajang di dinding rumah. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone terbilang cukup untuk keperluan pertama, namun kemungkinan besar tidak mencukupi untuk keperluan cetak. Ketiga, kenyamanan saat memotret.

Tak semua orang terbiasa membawa kamera DSLR di pundak, terutama saat berjalan dalam waktu lama saat berlibur. Beban yang berat serta ukuran yang besar dari kamera tentu akan membuat lelah. Menaruh kamera di dalam tas bisa menjadi solusi, namun jika kita ingin memotret tentu butuh waktu untuk mengeluarkannya. Sejumlah kriteria di atas bisa menjadi pertimbangan untuk memilih kamera yang cocok dan nyaman untuk kita bawa saat bepergian.

Tiap kamera mulai dari kamera smartphone hingga kamera DLSR profesional memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut sejumlah keunggulan dan kelemahan dari kamera-kamera tersebut. Pertama kita bahas kamera smartphone. Ukuran foto yang terbilang cukup besar dari sejumlah smartphone keluaran terbaru dan sejumlah fitur tambahan seperti image stabilization dan HDR serta kemudahan memajang hasil foto ke media sosial membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kita untuk bepergian.

Tentu saja ada keterbatasan yang dimiliki kamera ini. Kurang baik untuk memotret dalam kondisi pencahayaan minim, objek yang bergerak cepat, serta objek yang jauh. Namun, untuk perjalanan di siang hari dengan kondisi pencahayaan yang baik, hasilnya cukup maksimal. Objek-objek seperti lanskap pegunungan saat siang hari sangat baik diabadikan dengan kamera tipe ini. Kedua kamera compact digital.

Tipe kamera ini menjadi opsi yang baik untuk mengatasi sejumlah kelemahan dari kamera smartphone. Kualitas hasil foto yang lebih baik dan ukuran kamera yang kecil dan masih bisa masuk ke dalam saku menjadi keunggulan kamera ini. Ketiga kamera DSLR. Bagi kita yang ingin lebih serius mendapatkan foto yang baik, kamera yang dapat berganti lensa (interchangeable lens) tentu saja merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Menggunakan kamera interchangeable lens akan membuat kita menyesuaikan kondisi pemotretan dengan objek, bukan menyesuaikan objek dengan kamera (seperti saat memotret dengan kamera smartphone atau kamera compact yang tak bisa berganti lensa).

Namun, tentu saja ada konsekuensinya jika ingin menggunakan kamera tipe DSLR ini, yaitu harga yang jauh lebih mahal daripada kamera compact. Memilih kamera yang tepat untuk perjalanan wisata tidaklah terlalu sulit, tapi dibutuhkan beberapa waktu untuk memikirkannya. Melakukan sedikit persiapan dan penelitian akan membuat kita mendapatkan kamera yang tepat untuk kebutuhan.

Arieyudhistira
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4890 seconds (0.1#10.140)