KIH atau KMP, SBY: Demokrat Nonblok !

Rabu, 10 Desember 2014 - 16:39 WIB
KIH atau KMP, SBY: Demokrat Nonblok !
KIH atau KMP, SBY: Demokrat Nonblok !
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, Demokrat tidak masuk dalam blok Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Sama seperti perang dingin dulu kan, ada blok barat ada blok timur, tapi kan ada gerakan non blok, Indonesia nonblok," kata SBY di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (10/12/2014).

Diketahui, pada perang dingin kekuatan sejumlah negara sempat terpecah menjadi dua blok, yaitu blok barat dan blok timur. Blok barat yakni Amerika Serikat dan sekutunya. Sementara blok timur diisi Uni Soviet (sekarang Rusia) dan sekutunya.

SBY mengakatan, berada di posisi nonblok bagi Demokrat merupakan pilihan politik yang harus dihormati partai lain.

Menurut dia, pendekatan Demokrat kepada KIH lantaran disebut segaris dalam upaya menggolkan Perppu Pilkada. Namun dalam kebijakan pemerintah lainnya, Demokrat mengaku akan menjadi kekuatan penyeimbang.

"Tapi saya katakan, berarti kan komunikasi dengan saya dengan teman Koalisi Indonesia Hebat, terbuka untuk saling kerjasama untuk kepentingan bangsa," ujarnya.

"Sama halnya komunikasi kami dengan koalisi merah putih, juga terbuka untuk kepentingan bangsa," tambahnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6540 seconds (0.1#10.140)