Koalisi PKS-Demokrat Masih Butuh Pertemuan Lebih Banyak 

Jum'at, 23 April 2021 - 15:23 WIB
loading...
Koalisi PKS-Demokrat Masih Butuh Pertemuan Lebih Banyak 
Masih butuh waktu lebih lama bagi PKS dan Partai Demokrat untuk menemukan formula koalisi yang cocok. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertemuan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kemarin dinilai berpotensi untuk membicarakan koalisi. Adapun pertemuan Ahmad Syaikhu dan AHY beserta jajarannya masing-masing digelar di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (22/4/2021).

"Anjangsana politik PKS - Demokrat potensial untuk membicarakan koalisi, selain karena keduanya sama-sama memperoleh porsi menengah di parlemen, juga karena oposisi," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah kepada SINDOnews, Jumat (23/4/2021).



Hanya saja, lanjut Dedi, dari wacana yang berkembang, kedua partai politik itu memiliki perbedaan. Dedi mengatakan PKS cenderung primordial dengan membuka peluang poros Islam sedangkan Partai Demokrat nasionalis.

Hal ini tentu memerlukan dialog lebih jauh untuk menentukan bargaining."Kalau kemudian terjadi kesimpulan dan keduanya sama-sama komitmen, paling tidak lebih memudahkan untuk menggaet mitra lainnya yang tentu porsi suara di parlemen lebih sedikit atau setara," pungkasnya.

Sebelumnya, PKS melakukan pertemuan dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pasca pertemuan itu, muncul wacana Koalisi Poros Partai Islam.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)