UI dan Kopassus Tanam 10 Ribu Pohon

Sabtu, 06 Desember 2014 - 10:24 WIB
UI dan Kopassus Tanam 10 Ribu Pohon
UI dan Kopassus Tanam 10 Ribu Pohon
A A A
DEPOK - Civitas akademika Universitas Indonesia (UI) bersama Kopassus TNI AD melakukan penanaman 10.000 Bibit Pengayaan Hutan Kota UI. Kegiatan ini merupakan kerja sama kedua belah pihak yang berkomitmen menjaga keasrian lingkungan.

Acara penyerahan dan penanaman secara simbolis 10.000 bibit tanaman dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Bambang Wibawarta dan Danjen Kopassus TNI AD Mayjen TNI Doni Monardo.

"Ini dalam rangka menjaga keasrian lingkungan kampus dan menciptakan kampus yang hijau (green campus)," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Sabtu (6/12/2014).

Penyerahan dan penanaman bibit ini dilakukan di selasar parkir Gedung Rektorat UI, Depok. Jenis bibit pohon tersebut terdiri atas durian, jambu bol, nangkadak, kecapi, jamblang, puspa, buni, ketapang, kencana dan ulin.

Berdasarkan lokasi Rencana Tata Ruang Kawasan Kampus, luas wilayah UI Depok untuk dimanfaatkan sebagai Hutan Kota adalah seluas 100 hektar. Saat ini, Kawasan Hutan Kota yang dikelola UI telah mencirikan ekosistem hutan tropis dengan tiga bentuk ekosistem unggulan.

"Yaitu ekosistem pepohonan yang bersumber dari Indonesia Bagian Timur, ekosistem pepohonan wilayah Indonesia bagian barat dan komplek vegetasi asli Jabodetabek yang dipadu serasi dengan zoning hutan Jati Mas yang tumbuh diantara Gedung Rektorat UI dan Fasilkom serta FISIP UI," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7459 seconds (0.1#10.140)