Jadi Rektor UI, Ini Cita-cita Muhammad Anis

Kamis, 04 Desember 2014 - 17:16 WIB
Jadi Rektor UI, Ini Cita-cita Muhammad Anis
Jadi Rektor UI, Ini Cita-cita Muhammad Anis
A A A
JAKARTA - Muhammad Anis telah resmi menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI). Anis bertekad untuk membangun kepercayaan publik terhadap institusi yang dipimpinnya.

Hal itu diungkapkan Anis saat acara pelantinkan dirinya sekaligus serah terima jabatan Rektor UI dari Bambang Wibawarta di Balai Sidang Kampus UI, Kota Depok, Kamis (4/12/2014).

Anis menegaskan UI sebagai institusi pendidikan memiliki reputasi dan budaya prestasi yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Anis bertekad akan memajukan UI dengan membangun trust atau kepercayaan. Baik itu kepercayaan dari internal maupun eksternal UI.

"Untuk membangun kepercayaan internal dan eksternal itu memerlukan waktu. Meski begitu, harus dilakukan sebagai prasyarat UI dapat unggul di kancah internasional," kata Anis usai pelantikannya sebagai Rektor UI di Balai Sidang UI, Kamis (04/12/2014).

Menurut Anis, membangun trust sangat perlu karena UI diwarnai paradigma disiplin yang berbeda.

Anis menjelaskan, mengelola universitas jauh berbeda dengan korporasi. Mengelola universitas tidak berorientasi profit, berbeda dengan korporasi.

"Kerja keras dengan tekad kuat dan fokus maka UI akan menjadi otonom, berkarakter, berwawasan luas, bermoral, dan mampu menghasilkan riset yang berpihak kepada kepentingan nasional dan global," ujarnya.

Anis mengatakan, UI telah turut memecahkan persoalan bangsa. Hal itu dilakukan oleh lulusan UI yang kompeten dan berkarakter.

Menurut dia, saat ini juga UI turut andil untuk mengatasi krisis energi dan perubahan iklim. UI juga mendukung berkembangnya maritim di Indonesia.

“Tantangan global dan lonjakan penduduk dunia termasuk Indonesia berdampak terhadap permasalahan yang kompleks terhadap keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi, maka kedepannya UI harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut,” tuturnya.

Dia mengakui tidak mudah menjadi Rektor UI karena harus menjalaninya secara amanah dan tanggung jawab.

Dia berharap kepemimpinannya dapat membaw UI sebagai penghasil ilmu pengetahui guna menciptakan solusi bagi persoalan yang bersifat nasional dan global.

Anis lahir di Jakarta, 26 Juni 1957. Dia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Metalurgi Fakultas Teknik UI pada tahun 1977.

Tahun 1986, dia melanjutkan studinya ke University of Sheffield di UK mengambil Master Metalurgi.

Dia lulus pada 1988 dengan predikat distinction dan langsung melanjutkan ke jenjang doktoral di universitas yang sama.

Anis adalah alumni pertama Jurusan Metalurgi FTUI yang menjadi doktor.

Dia telah lama berkarier di UI diantaranya sebagai Senat Akademik UI (2000-2003), (2003-Juli 2006), (2003-2007), Direktur Pendidikan UI (2003-2007) serta Wakil Rektor UI bidang akademik dan kemahasiswaan (2007 – 2012).

Pada Mei 2013 hingga September 2014 Anis mendapatkan amanah sebagai Pejabat Rektor UI.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8021 seconds (0.1#10.140)
pixels