Kasum: Jokowi Presiden Pertama yang Disomasi Rakyatnya

Rabu, 03 Desember 2014 - 14:35 WIB
Kasum: Jokowi Presiden Pertama yang Disomasi Rakyatnya
Kasum: Jokowi Presiden Pertama yang Disomasi Rakyatnya
A A A
JAKARTA - Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum) mengatakan Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden pertama yang disomasi rakyatnya lantaran mengeluarkan pembebasan bersyarat bagi Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana pembunuh aktivis HAM Munir Said Thalib.

"Jokowi akan jadi presiden pertama yang sebelum 100 hari sudah disomasi oleh rakyatnya," kata Sekretaris Eksekutif Kasum Choirul Anam, saat jumpa pers di Gedung YLBHI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (3/12/2014).

Menurut Anam, bebasnya Pollycarpus menjadi preseden buruk terhadap penuntasan kasus-kasus HAM di Indonesia. Sebab, Jokowi telah memiliki komitmen itu dalam janji kampanyenya.

Komitmen yang dijanjikan Jokowi adalah pengungkapan kasus-kasus HAM, termasuk kasus terbunuhnya pendiri KontraS Munir Said Thalib. Namun, bebasnya Pollycarpus justru akan menghilangkan kepercayaan diri masyarakat terhadap komitmen Jokowi tersebut.

"Kasus Munir itu salah satu prioritas pemerintah Jokowi. Sekarang pelakunya malah dibebaskan," ungkapnya.

Oleh sebab itu, tambah dia, somasi yang dilayangkan Kasum bentuk teguran kepada pemerintah Jokowi. Bahwa SK pembebasan bersyarat Pollycarpus dinilai menciderai semangat penuntasan kasus-kasus HAM di Indonesia.

"Mengingatkan Jokowi, mengigatkan mandat konstitusi, menagih komitmen Jokowi, kita minta tinjau ulang pembebasan bersyarat itu," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0224 seconds (0.1#10.140)
pixels