Fokus Tingkatkan Kualitas Masyarakat Sulsel

Rabu, 03 Desember 2014 - 10:38 WIB
Fokus Tingkatkan Kualitas Masyarakat Sulsel
Fokus Tingkatkan Kualitas Masyarakat Sulsel
A A A
Hampir separuh masa tugasnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dihabiskan Syahrul Yasin Limpo di bidang pemerintahan. Mulai dari camat, bupati sampai gubernur.

Jabatan kepala bagian pemerintahan hingga sekretaris daerah pun pernah dicicipinya. Hal ini yang membuat pria kelahiran Makasssar, 16 Maret 1955 ini merasa begitu dekat rakyat. Tak pernah tidur (berhenti) memikirkan rakyat. Kalimat itu selalu di benaknya.

Maka ketika ada peluang atau pilihan untuk berpaling dari prinsipnya itu, Syahrul bergeming. Ia tetap istiqomah dalam cintanya kepada rakyat. Sebut saja ketika jabatan salah satu menteri dalam kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla mewacana bakal diberikan kepada Gubernur Sulsel sejak 2008 itu. Ia tak lantas menggebu-gebu untuk menyandang jabatan prestisius itu.

“Rasanya saya masih senang mengurus rakyat (menjabat gubernur),” ujar Syahrul saat disinggung soal wacana dirinya bakal masuk kabinet Jokowi-JK. Memang menjadi menteri tetap akan berurusan dengan kepentingan rakyat. Namun tampaknya bagi Syahrul, jabatan gubernur memiliki ruang yang lebih luas untuk lebih banyak bersentuhan dengan publik.

Apalagi dengan kompleksitas persoalan masyarakat, selalu menjadi tantangan bagi mantan Bupati Gowa ini untuk menganalisa, menemukan solusi, lalu mengambil kebijakan yang efektif, sesuai keinginan masyarakat. Meski sudah kenyang pengalaman dalam memerintah, SYL sendiri mengakui bahwa apa yang dilakukannya selama ini pasti belum bisa memenuhi semua keinginan rakyat Sulsel.

Tapi Ia berkomitmen untuk selalu memikirkan bagaimana agar kualitas masyarakat meningkat dari tahun ke tahun. Baik dari sisi pendidikan, kesehatan, dan utamanya kesejahteraan. “Tak ada pemerintahan yang bisa memuaskan rakyatnya. Di mana pun itu. Tapi yang bisa dinilai masyarakat adalah pergerakannya. Ada yang lambat, ada yang dinamis,” ujarnya.

SYL dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang tegas, cerdas dan berani mengambil keputusan. Ia memberikan kepercayaan penuh dalam menjalankan tugas kepada bawahan. Asal dijalankan dengan tanggung jawab dan amanah. “Kalau bisa berjalan dengan baik maka saya tidak harus terlalu banyak memerintah. Perlu saya tegaskan bahwa pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang paling sedikit memerintah. Itu yang saya anut,” jelasnya.

Sebagai pejabat teras di Sulsel, Mantan Bupati Gowa ini dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang tegas, cerdas dan berani mengambil keputusan. Urusan hubungan dengan bawahan juga dibangun secara profesional, di luar tugas Ia sangat supel bergaul. Paling tidak, itu dirasakan orang-orang dekat Syahrul.

“Kalau lagi santai, yah kita bisa bercanda lepas dengan beliau,” kata petugas Patwal, Aipda M Natsir yang sudah tujuh tahun mengawal Gubernur Sulsel itu di berbagai kegiatan. Natsir juga mengaku mendapat pelajaran dari sikap Gubernur yang selalu tenang menghadapi masalah.

Jumaidil halide
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6653 seconds (0.1#10.140)