Menghafal Alquran Itu Menyenangkan

Selasa, 02 Desember 2014 - 12:03 WIB
Menghafal Alquran Itu Menyenangkan
Menghafal Alquran Itu Menyenangkan
A A A
JAKARTA - Kini menghafal Alquran bisa di mana dan kapan saja, bahkan sambil olahraga sekalipun, seperti yang dilakukan pengunjung car free day pada Minggu (30/11) lalu.

Sebagian orang yang mencoba metode penghafalan Alquran dadakan itu mengaku membaca ayat-ayat suci Alquran sangat mudah dan menyenangkan. Lalu, siapakah yang mengajarkan ayat-ayat Alquran kepada pengunjung car free day? Dia adalah Ustaz Bobby Herwibowo, pimpinan Yayasan Askar Kauny yang menggagas Hafitdz On The Street (HOTS).

“Ini membantu masyarakat awam khususnya dalam menghafal dan mengenal Alquran lebih dalam lagi,” ujar Bobby ketika ditemui di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Dia mengungkapkan untuk mempermudah penghafalan Alquran menggunakan metode gerak visualisasi dan pemberian makna agar mereka mengetahui makna ayat yang dibacanya sekaligus dapat diresapi.

“Kami sudah ajarkan kepada puluhan orang. Enggak terhitung jumlahnya,” ucapnya. Dalam pengajaran Alquran hari pertama pada ajang car free day, peserta diajarkan ayat-ayat pada surah Al-Waqiah. “Kami akan adakan HOTS secara rutin tiap akhir pekan. Untuk yang perdana ini, kami ajarkan surah Al-Waqiah, seperti ayat 77 dan 78,” kata Bobby. Pihaknya juga melakukan metode pengajaran melalui WhatsApp dan Twitter #HafizhOnTheStreet yang dapat diikuti oleh semua masyarakat.

“Follow up ya, kita punya Twitter juga untuk mengajarkan menghafal ayat Alquran melalui media sosial malah disebarkan juga melalui WhatsApp,” ujarnya. Ira, pengunjung car free day, mengatakan awalnya canggung dan takut tidak bisa membaca Alquran karena diperhatikan banyak orang. Namun setelah dicoba sambil dibimbing oleh Ustaz Bobby, akhirnya dirinya bisa menghafal satu surat Alquran hanya dalam beberapa menit.

“Saya diajarin menghafal surah Al-Waqiah ayat 78. Dan ternyata memang benar, baca ayat Alquranitumenyenangkan. Saya akan lebih banyak menghafal lagi di rumah,” ucapnya.

Sindonews
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3941 seconds (0.1#10.140)