Danau Toba Diusulkan Masuk GGN UNESCO

Kamis, 27 November 2014 - 11:48 WIB
Danau Toba Diusulkan Masuk GGN UNESCO
Danau Toba Diusulkan Masuk GGN UNESCO
A A A
MEDAN - Kementerian Pariwisata telah mengirimkan dokumen pengusulan Danau Toba sebagai salah satu Global Geoparks Network (GGN) atau jaringan geopark global ke United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), kemarin.

Penggiat Geopark Kaldera Toba, RE Nainggolan, mengatakan, setelah pengiriman dokumen itu, Kaldera Toba itu ditargetkan menjadi salah satu anggota GGN UNESCO pada 2015. Agar tujuan tersebut tercapai, pihaknya berharap dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah, terutama di tujuh kabupaten/kota yang mengelilingi Danau Toba, yakni Simalungun, Samosir, Toba Samosir (Tobasa), Humbanghasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara (Taput), Karo, dan Dairi.

“Kawasan Kaldera Toba memiliki geosite (objek wisata) yangluarbiasa. Kaldera Tobamerupakan masterpiece pariwisata dunia. Sekarang tugas kita mempersiapkan masyarakat agar paham betul geopark,” katanya saat Diskusi Menuju GGN UNESCO di Medan, Sumatera Utara (Sumut), kemarin.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut itu menuturkan, Pemerintah Provinsi Sumut diharapkan mengoptimalkan sosialisasi agar Danau Toba bisa menjadi anggota GGN UNESCO. Pemprov Sumut dan ketujuh kabupaten/kota di kawasan Danau Toba juga harus duduk bersama guna mempersiapkan kawasan Kaldera Toba menjadi GGN.

Mewakili Kementerian Pariwisata, Acyaruddin, menjelaskan, UNESCO diperkirakanakan memberikan jawaban mengenai dokumen pengusulan Kaldera Toba sebagai anggota GGN UNESCO itu pada Maret 2015. Jika diterima, pada Mei atau Juni 2015, tim UNESCO akan datang ke Sumut untuk melakukan wawancara dan penilaian.

“Biasanya yang diwawancara tim UNESCO adalah para siswa sekolah, ibu rumah tangga, dan industri geosite di sekitarnya. Karenanya, pemerintah dan masyarakat harus bergerak cepat dalam sosialisasi ini supaya Danau Toba menjadi konservasi dunia,” tuturnya.

Siti amelia
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8494 seconds (0.1#10.140)