Menteri Marwan Akan Galakkan Desa Wisata

Selasa, 25 November 2014 - 18:26 WIB
Menteri Marwan Akan Galakkan Desa Wisata
Menteri Marwan Akan Galakkan Desa Wisata
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan mengoptimalkan potensi desa wisata, khsusunya yang belum dikelola secara maksimal.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar berpendapat, langkah itu akan dicanangkan bersama pihak-pihak terkait lainnya. Termasuk, Kementerian Pariwisata.

"Kita bisa jadikan desa-desa wisata. Misalnya kita bisa kerja sama dengan Kementerian Pariswisata. Sekalian kita ekspos besar-besaran," tutur Marwan dalam acara ramah tamah dengan media di Kantor Transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/11/2014).

Dia juga mengaku memiliki niat untuk membuat desa-desa hijau. Pembuatan desa hijau itu, kata dia, nantinya akan dirasakan untuk masyarakat setempat.

"Sudah ada pilot project-nya di beberapa desa," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya sedang menggodok formulanya. Bahkan, nantinya akan ditunjuk duta desa. "Saya juga sedang seleksi duta desa," tuturnya.

Guna menyokong hal demikian, dia berjanji bakal meningkatkan infrastruktur desa. Termasuk salah satunya akses tranportasi dari satu tempat ke tempat lain.

"Bangun bandara perintis di daerah tertinggal. Bangun dermaga perintis. Itu langsung terlihat (kinerjanya)," jelas Marwan.

Adapun formula lain yang akan dicanangkan untuk pengembangan desa yakni terkait akses informasi teknologi.

Dia mengatakan, pihaknya mencanangkan akses informasi berbasis internet.

"IT untuk desa, semacam e-desa. Nanti kita bisa klik lihat kepala desanya siapa," ucapnya.

Melalui teknologi itu, lanjut dia, akan diketahui siapa saja masyarakat yang bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).

Hal demikian dapat terealisasi jika pihaknya didukung dari segi penganggaran.

Marwan juga tidak menampik adanya peningkatan anggaran yang dibutuhkan untuk mengembangkan kementerian yang dipimpinnya.

Terlebih, kata dia, nomenklatur kementerian yang dipimpinnya saat ini berbeda dengan kementerian sebelumnya.

Marwan juga akan merombak formasi di internal kementerian yang dipimpinnya guna menyokong segala program pengembangan yang telah dicanangkan dan bersifat fundamental.

"Tentu ada peningkatan anggaran. Ini anggaran kuncinya di Bappenas dan Kemenkeu. Kami ingin membangun manusia, membangun infrastrukturnya," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6341 seconds (0.1#10.140)