Semua Orang Bisa Jadi Comic

Sabtu, 22 November 2014 - 13:19 WIB
Semua Orang Bisa Jadi Comic
Semua Orang Bisa Jadi Comic
A A A
Melambungnya Stand Up Comedy di kalangan anak muda, khususnya di kampus, tak lepas dari pantauan Kemal Palevi, salah satu comicyang cukup populer.

”Tingkat pendidikan orang Indonesia yang semakin tinggi tentunya berpengaruh pada perlunya komedi yang segar. Ini berpengaruh pada kemajuan Stand Up Comedy karena jenis lawak ini dapat menghibur tanpa perlu dorong-dorongan,” katanya. Menurutnya, komunitas Stand Up Comedy di kampus berdampak baik bagi kemajuan Stand Up Comedy Indonesia itu sendiri.

”Dari Stand Up ini kita bisa melatih Public Speaking, bahkan menilai apakah perkataan kita dapat menyinggung orang lain atau tidak. Buat gue sendiri pengaruhnya sampai bisa menulis skenario film,” katanya. Menurut Kemal, Stand Up Comedyakan terus berkembang. Tapi, tergantung juga dari regenerasi para comic.

”Semua orang bisa menjadi comic. Yang penting berwawasan luas, berpikiran terbuka, serta menggunakan banyak logika dan nalar,” katanya. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan comicketika akan melakukan Open Mic sehingga tidak terjadi kebingungan ketika berhadapan dengan penonton.

”Lihat segmen penonton, pergunakan materi yang merakyat. Artinya yang semua orang tau. Misalnya hubungan percintaan dan sosial media. Biasanya yang orang nggak paham dan nggak terlalu peduli itu politik,” katanya.

Ada pesan yang ingin disampaikan oleh Kemal terhadap comic yang baru terjun di dunia Stand Up Comedy: ”Bicarakan hal fakta, yang mengaruhi orang banyak dalam hal positif, karena hakikatnya Stand Up Comedy itu adalah semi-motivator,”. “Perkataan comic harus dapat diartikan positif dan diterima baik, jadi nggak ada pihak yang sakit hati,” tambahnya.

FERRY SANDI
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7012 seconds (0.1#10.140)