10 Lembaga dan Kementerian yang Dinilai Transparan

Kamis, 20 November 2014 - 18:08 WIB
10 Lembaga dan Kementerian yang Dinilai Transparan
10 Lembaga dan Kementerian yang Dinilai Transparan
A A A
JAKARTA - Public Policy Institute (PPI) memberikan penghargaan e-Transparency Award 2014 kepada 10 lembaga dan kementerian yang dianggap transparan.

Adapun penilaian itu dinilai melalui tampilan website masing-masing kementerian/lembaga, baik isi informasi maupun pengelolaannya.

Penghargaan kepada 10 kementerian dan lembaga itu diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yudi Chrisnandi.

Berikut 10 kementerian dan lembaga yang mendapatkan penghargaan tersebut, berdasarkan atas peringkat.

1. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
2. Kementerian Keuangan
3. Kementerian Kesehatan
4. Kementerian Perindustrian
5. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
6. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
7. Kementerian Komunikasi dan Informatika
8. Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat
9. Kementerian Perdagangan
10.Kementerian Badan Usaha Milik Negara

"Media website KPK memang kami siapkan agar masyarakat luas bisa memantau kinerja kami. Penghargaan ini kami persembahkan kepada pegawai KPK dan masyarakat," tutur perwakilan KPK menyampaikan sambutan dari Abraham Samad di Bali Room Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, (20/11/2014).

Acara ini didukung oleh berbagai elemen masyarakat sipil, antara lain Masyarakat Transparsnsi Indonesia (MTI), Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA), PlasaMSN, pakar IT Nukman Luthfie.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, pihaknya akan berusaha mendorong kementerian dan lembaga untuk bersikap terbuka.

PPI juga memberikan penghargaan untuk kategori kementerian/lembaga yang paling progresif.

Kementerian yang mendapatkan penghargaan ini antara lain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

"Semoga di tahun mendatang kementerian saya bisa meningkatkan kinerjanya di bidang sistem e-transparancy dan lain-lain," ujar Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9141 seconds (0.1#10.140)