RI-Thailand Tingkatkan Keamanan Selat Malaka

Rabu, 19 November 2014 - 13:32 WIB
RI-Thailand Tingkatkan Keamanan Selat Malaka
RI-Thailand Tingkatkan Keamanan Selat Malaka
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Thailand sepakat untuk kerja sama meningkatkan keamanan Selat Malaka. Hal itu terungkap saat pertemuan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dengan Courtesy Call KSAU Thailand Air Chief Marshal Treetod Sonjance di Jakarta kemarin.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Fuad Basya mengatakan, pertemuan tersebut merupakan perkenalan KSAU Thailand yang baru seminggu diangkat dengan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko.

”Jadi, yang bersangkutan mengunjungi Panglima TNI memberitahukan dan memperkenalkan diri, pertemuan berlangsung singkat sekitar 20 menit,” ungkap Fuad. Menurut dia, memang ada berbagai hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut, di antaranya peningkatan kerja sama kedua negara yang selama ini telah dibangun.

Kerja sama yang ingin ditingkatkan salah satunya pengamanan di perairan. Sebab, gangguan keamanan bisa terjadikapansaja, karenaituperlu ada patroli bersama. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, seusai bertemu Panglima TNI, yang bersangkutan juga akan bertemu KSAU Marsekal TNI IB Putu Dunia untuk membicarakan berbagai hal terutama peningkatan kerja sama antara kedua negara. Termasuk latihan bersama yang sudah rutin diadakan setiap tahun.

Sucipto
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2061 seconds (0.1#10.140)