Ratusan Karung Sampah Diturunkan dari Ciremai

Senin, 17 November 2014 - 15:50 WIB
Ratusan Karung Sampah Diturunkan dari Ciremai
Ratusan Karung Sampah Diturunkan dari Ciremai
A A A
KUNINGAN - Kegiatan Gerakan Sapu Gunung (GSG) di kawasan Gunung Ciremai selama tiga hari yang melibatkan 355 pendaki dari banyak komunitas pencinta alam (PA) berhasil mengumpulkan tumpukan sampah yang sebagian besar jenis plastik kemarin.

Sampah itu dipungut para pendaki dari dua jalur pendakian yaitu Palutungan yang masuk wilayah Kabupaten Kuningan dan jalur Apuy, Kabupaten Majalengka. Dengan berbekal karung kosong yang dibagikan panitia, para pendaki berjalan melakukan pendakian hingga puncak Gunung Ciremai pada Jumat (14/11) siang. Secara berangsur para pendaki tersebut turun pada Sabtu (15/11) malam hingga kemarin pagi sambil memungut sampah di sepanjang perjalanan mereka pulang.

Berdasarkan pantauan di pos pengumpulan sampah jalur Palutungan, hingga kemarin sore baru sebagian pendaki yang turun dan mengumpulkan sedikitnya 150 karung sampah. Menurut seorang panitia kegiatan GSG Nuryaman, diprediksi proses penurunan sampah dari Gunung Ciremai tersebut berlangsung hingga Minggu malam.

”Para peserta diwajibkan memungut sampah di sepanjang jalur pendakian yang dilalui. Namun, tidak sedikit yang harus memungut sampah hingga ke lokasi yang jauh dan sulit dijangkau seperti di jurang dan di luar jalur pendakian sehingga proses penurunan sampah pun sedikit terhambat,” ungkap Nuryaman.

Sebagian besar sampah yang berhasil dikumpulkan para peserta GSG adalah jenis plastik bekas bungkus makanan seperti mi instan dan kue serta botol air mineral. Sampah tersebut harus dipungut karena tergolong sampah yang tak bisa terurai yang apabila dibiarkan akan semakin mengotori kawasan Gunung Ciremai.

Mohamad taufik
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)