Kawasan di Timur Jakarta Terus Bergeliat

Senin, 17 November 2014 - 13:01 WIB
Kawasan di Timur Jakarta Terus Bergeliat
Kawasan di Timur Jakarta Terus Bergeliat
A A A
Hunian vertikal ini kini tidak hanya hadir di tengah kota, namun juga merambah ke berbagai pinggiran kota.

Semakin sempitnya lahan di kota besar seperti Jakarta, membuat para pengembang semakin yakin bahwa apartemen akan menjadi pilihan calon konsumen. Daerah Jakarta Timur telah lama menjadi incaran beberapa pengembang untuk membangun apartemen.

Hunian vertikal ini tidak hanya dibangun di jalan-jalan utama yang ada di wilayah tersebut seperti Jalan Pramuka, Jalan Perintis Kemerdekaan, atau Jalan MT Haryono, namun juga wilayah lain. Sebut saja Apartemen Sentra Timur Residence yang terletak di Kecamatan Cakung yang kini sedang menyelesaikan pembangunan tower kelima.

Semakin pesatnya pertumbuhan apartemen di Ibu Kota memperlihatkan bahwa permintaan akan hunian vertikal makin meningkat. Animo masyarakat untuk membeli apartemen setidaknya terlihat pada ajang Pameran Real Estate Expo 2014 yang saat ini diadakan di JCC Senayan hingga 23 November.

Para pengunjung pameran tidak hanya mendatangi stan apartemen yang menawarkan lokasi di tengah kota, namun juga di pinggiran kota. Permintaan hunian vertikal di pinggiran kota terus meningkat. Salah satu stan apartemen yang banyak didatangi pengunjung adalah Sentra Timur Superblock yang menawarkan apartemen di daerah Cakung, Jakarta Timur.

Walaupun letaknya jauh dari pusat kota, empat tower yang ditawarkan sebelumnya nyaris ludes terjual. Luky Fajar S, Sales Executive Sentra Timur Superblock kepada sejumlah pengunjung menyebutkan bahwa apartemen yang dipromosikannya cukup terjangkau dibanding apartemen di tengah kota. “Harga tipe studio ditawarkan hanya sekitar Rp280 jutaan. Harga ini akan terus meningkat seiring perjalanan waktu, sehingga cocok untuk investasi,” ujar Luky.

Luky mencontohkan, pada saat tower pertama dibangun pada 2008, harga tipe stu dio hanya Rp80 jutaan, namun kini sudah meningkat menjadi Rp280 jutaan. Hal ini menunjukkan bahwa investasi apartemen tidak hanya berpotensi bagi apartemen yang ada di tengah kota. Banyak konsumen Apartemen Sentra Timur yang memilih untuk menjadikan tempat tinggal dibanding harus menyewa rumah kos.

Luky meyakinkan para calon konsumen bahwa Apartemen Sentra Timur akan semakin terjangkau di masa mendatang seiring pengoperasian terminal terpadu Pulogebang yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian kontruksi. Apalagi, akses tol juga cukup dekat.

Prospek pembangunan apartemen di pinggiran Jakarta juga ditangkap pengembang PT Gemilang Usaha Terbilang (GUT) yang akan membangun Apartemen Pondok Kelapa Village di daerah Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ini merupakan apartemen pertama yang akan dibangun di daerah Pondok Kelapa tersebut. Menurut Mayang, sales GUT yang ditemui KORAN SINDO mengatakan, meski belum selesai dibangun, saat ini apartemen sudah terjual sekitar 60%.

“Seorang konsumen bisa membeli apartemen lalu dititipkan lagi kepada kami untuk kami jual dengan harga yang lebih bagus, mengingat pergerakan harga diprediksi terus meningkat,” ujar Mayang. Jumlah konsumen yang cukup besar untuk apartemen di pinggiran kota ini menunjukkan bahwa daerah pinggiran Jakarta Timur yang sebelumnya tidak banyak dilirik kini mulai menjanjikan.

Pinggiran Timur Jakarta berbeda dengan wilayah lain di Jakarta yang umumnya lebih ramai dengan pusat belanja dan pertokoan seperti di daerah Jakarta Selatan atau Utara.

Islahuddin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6537 seconds (0.1#10.140)