Keliru, Alasan Kenaikan BBM untuk Hemat Anggaran

Minggu, 16 November 2014 - 14:36 WIB
Keliru, Alasan Kenaikan BBM untuk Hemat Anggaran
Keliru, Alasan Kenaikan BBM untuk Hemat Anggaran
A A A
JAKARTA - Kebijakan pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan alasan ingin menghemat APBN dinilai bukan alasan tepat.

"Tidak adanya anggaran dari pemerintah itu hanya masalah teknis, bukan alasan untuk menaikkan harga BBM," tutur pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Jakarta,Salamudin Daeng dalam diskusi bertema Menjawab Rencana Kenaikan BBM: Tolak! di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (16/11/2014).

Menurut Salamudin, kenaikan harga BBM adalah campur tangan asing yang menginginkan adanya pasar bebas di Indonesia.

"Argumentasi dasarnya adalah rezim internasional ingin adanya liberalisasi migas di Indonesia. Rencana ini sebenarnya sudah sejak lama, dari tahun 1998," tutur Salamudin.

Dia menduga pertemuan bilateral Jokowi dengan beberapa negara untuk menerima rekomendasi mengenai perdagangan bebas di Indonesia yang menyangkut sektor energi dan migas di Indonesia.

"Rezim internasional melalui organisasi multilateral seperti APEC itu membuat rekomendasi dalam sektor energi, tentang perdagangan bebas migas. Kemudian ASEAN membuat perdagangan bebas ASEAN," tutur Salamudin.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)