Perkuat Program, BKKBN Galang Celebes Trans Mupen

Kamis, 13 November 2014 - 13:59 WIB
Perkuat Program, BKKBN Galang Celebes Trans Mupen
Perkuat Program, BKKBN Galang Celebes Trans Mupen
A A A
PALU - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menyelenggarakan kegiatan Mobil Unit Penerangan (Mupen) On The Road yang dilaksanakan di Sulawesi.

Dengan mengangkat nama Celebes Trans Mupen On The Road (Best Mother), BKKBN mengupayakan menghidupkan kembali program Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga sejahtera yang masih awam di kalangan masyarakat Sulawesi. Best Mother yang dimulai dari berbagai titik di seluruh Provinsi Sulawesi melibatkan 80 Mupen yang secara serentak melakukan proses sosialisasi dan pelayanan atas programprogram BKKBN.

Kegiatan ini berlangsung sejak 8 November hingga 13 November 2014, di mana 80 Mupen mengakhiri perjalanannya di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) bertepatan dengan Peringatan Ke- 50 Hari Kesehatan Nasional. Direktur Advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) BKKBN Yunus Patriawan Noya menerangkan, kegiatan Celebes Trans Mupen On The Road (Best Mother) sengaja dilakukan untuk menghidupkan dan menggalakkan kembali program-program yang selama ini dianggap tersendat.

Salahsatunya menggunakan Mobil Unit Penerangan yang lebih dikenal dengan Mupen yang bergerak ke setiap pelosok provinsi. ”Kita citrakan program ini tetap ada dan dibutuhkan masyarakat. Program lembaganya ada, pengelolanya lebih semangat, dan bisa menjadi perekat di daerah perbatasan,” ungkap Yunus seusai acara penyambutan rombongan Best Mother dari seluruh provinsi se-Sulawesi di Kantor Gubernur Palu Sulteng kemarin.

Yunus mengungkapkan, pemilihan Sulawesi Tengah sebagai tempat berakhirnya rangkaian kegiatan Best Mother mengingat angka kematian ibu melahirkan masih tinggi di daerah tersebut. Best Mother ini bisa mengampanyekan sejumlah program BKKBN hingga bisa menurunkan angka kematian.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Sudharto menyatakan, dengan kegiatan Best Mother ini, sangat diharapkan ada peningkatan pemahaman akan KB di tengah masyarakat. Kendati wilayah Palu masih memiliki cukup wilayah, penekanan jumlah kependudukan harus ditekan. ”KB ini sudah kita lanjutkan, tapi keberhasilan masih perlu ditingkatkan.” ungkap Sudharto.

Nurul adriyana
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5880 seconds (0.1#10.140)