KH Abdul Wahab Dianugerahi Pahlawan Penghargaan Buat NU

Jum'at, 07 November 2014 - 22:20 WIB
KH Abdul Wahab Dianugerahi Pahlawan Penghargaan Buat NU
KH Abdul Wahab Dianugerahi Pahlawan Penghargaan Buat NU
A A A
JAKARTA - Keluarga besar KH Abdul Wahab Chasbullah (Alm) bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menganugerahhkan gelar pahlawan nasional. KH Abdul Wahab Hasbullah merupakan tokoh karismatik Nahdlatul Ulama (NU) yang dikenal dengan resolusi jihadnya.

M Romahurmuziy cicit KH Abdul Wahab mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada KH Abdul Wahab merupakan perhargaaan yang tinggi terhadap tokoh NU yang ikut mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya kira ini penghargaan keluarga besar NU, salah satu putra terbaik NU dapat penghargaan sedemikian tinggi," kata Romi sapaan Romahurmuziy di Istana, Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Ketua Umum PPP versi Muktamar Surabaya ini mengatakan, ekspresi keagamaan dan perjuangan tidak bisa bisa dipisahhkan. Menurutnya, KH Abdul Wahab semasa hidupnya sangat getol mengajar di pesantren.

"Di samping moderasi berpolitik, tapi punya ketegasan dan pertahanan. Sampai-sampai beliau merumuskan resolusi jihad," kata Romi.

Romi menambahkan, KH Abdul Wahab dinilai mempunyai kepiawaian dalam berpolitik, meskipun lentur tapi juga mempunyai ketegasan dalam mengambil keputusan.

"Saya pribadi sebagai sebuah pengingat atas sejarah dari para pendahulu saya, saya musti belajar, dikenal politisi lentur tapi juga tegas. Mengedepankan pendekatan persuasif," tegas Romi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7158 seconds (0.1#10.140)