MNCTV Beri Penghargaan Pahlawan untuk Indonesia 2014

Rabu, 05 November 2014 - 18:37 WIB
MNCTV Beri Penghargaan Pahlawan untuk Indonesia 2014
MNCTV Beri Penghargaan Pahlawan untuk Indonesia 2014
A A A
JAKARTA - MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2014 akan memberikan penghargaan kepada sejumlah individu yang dinilai menginspirasi lingkungan di sekitarnya dengan berbagai kegiatan positif tanpa pamrih.

Malam penganugerahan “MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2014” akan diadakan di Studio 3 MNCTV, Jalan Pintu II TMII, Jakarta pada Kamis 6 November 2014 dan akan disiarkan, Senin 10 November 2014 pukul 21.30 WIB.

Kanti Mirdiati selaku Managing Director MNCTV mengatakan, di tahun 2014, MNCTV Pahlawan untuk Indonesia kembali hadir sebagai wujud komitmen MNCTV dalam mengapresiasi sosok penuh inspirasi di Indonesia.

"Ini adalah tahun ketiga kehadiran program MNCTV Pahlawan untuk Indonesia di tengah masyarakat. MNCTV berharap program ini dapat selalu memberikan inspirasi bagi masyarakat," ucap Kanti, Rabu (5/11/2014).

Program MNCTV Pahlawan untuk Indonesia terbuka untuk umum dan tidak memberlakukan pembatasan usia, jenis kelamin, suku, agama, profesi dan lain-lain.

Proses pemilihan Pahlawan untuk Indonesia ini melalui beberapa tahapan yang sangat ketat mengingat para kandidat yang terjaring sangat berkualitas. Adapun mekanismenya dimulai dengan pemilihan bakal calon dari ratusan nama yang diusulkan oleh Pemirsa, dan melalui riset yang dilakukan oleh Tim MNCTV.

Lebih dari 400 orang mendaftarkan calonnya untuk mengikuti seleksi Pahlawan untuk Indonesia 2014 melalui website, pos, riset tim News dan juga usulan dari institusi pemerintahan dan LSM.

Para calon peserta berasal dari seluruh penjuru Nusantara, di antaranya Jakarta, Tangerang Selatan, Bekasi, Cianjur, Bone-Sulawesi Selatan, Kendal-Jawa Tengah, Padang Sidempuan, Kabanjahe, Bali, Aceh, Palembang, NTT, Hulu Sungai Selatan-Kalimantan Selatan, Takalar Sulawesi Selatan, dan daerah lainnya.

Sedangkan bidang yang digeluti meliputi beberapa kategori yaitu Kesehatan, Pendidikan, Seni dan Budaya, Lingkungan, Perlindungan dan Pengembangan Perempuan dan Anak, serta Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

MNCTV menggandeng beberapa tokoh ternama yang juga memiliki spirit kepahlawanan sebagai Juri Indipenden. Mereka adalah Imam B. Prasodjo (sosiolog).

Marco Kusumawijaya (arsitek dan pengamat tata kota) dan Anne Avantie (seorang perancang mode yang kini aktif di berbagai kegiatan sosial).

Untuk menambah bobot penilaian, MNCTV juga mendaulat Hary Tanoesoedibjo (CEO MNC Group) dan Prof Dr Ahmad Syafi’i Ma’arif, PhD (cendekiawan) sebagai Juri Kehormatan.

Melalui penjurian tahap awal oleh tim Juri Internal yang terdiri dari BOD MNCTV, telah ditetapkan 21 Kandidat Pahlawan untuk Indonesia tahun 2014.
Selanjutnya MNCTV mengundang sepuluh Kandidat ke Jakarta untuk mengikuti penjurian tahap selanjutnya dengan tim Juri Internal dan Eksternal.

Penjurian ini dijadwalkan pada Selasa, 4 November 2014 di Hotel NEO, Jakarta. Kemudian pada tanggal 5 November 2014, akan digelar Rapat Pleno para Juri dengan Juri Kehormatan.

Sepuluh Kandidat yang hadir ke Jakarta, adalah Achmad Nuril (asal Tangerang/bidang Ekonomi dan Pengembangan Masyarakat), Ai Dewi (asal Lebak, Banten/bidang Pendidikan), Asia Pananrangi (asal Bone, Sulawesi Selatan/bidang Kesehatan).

I Made Sumasa (asal Bali/bidang Ekonomi dan Pengembangan Masyarakat), Masnawan Siregar (asal Tapanuli Selatan, Sumatera Utara/bidang Pendidikan), Martha Kewuan (asal Kupang, NTT/bidang Perlindungan, Pengembangan Perempuan dan Anak).

Rasino (asal Solo, Jawa Tengah/bidang Senid dan Budaya), To Suprapto (asal Sleman, Yogyakarta/ bidang Ekonomi dan Pengembangan Masyarakat), Untung Sutrisno (asal Bondowoso/ Jawa Timur/bidang Lingkungan) dan Ziaul Haq Nawawi (asal Selayar, Sulawesi Selatan/Ekonomi dan Pengembangan Masyarakat).

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, program MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2014 juga mendapat dukungan dari berbagai kalangan, baik institusi, pemerintahan maupun akademisi.

Baru-baru ini, program MNCTV Pahlawan untuk Indonesia mendapatkan penghargaan “Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2014” kategori Program Acara Televisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Penghargaan ini diberikan kepada Lembaga Pemerintahan dan kabupaten atau kota, perusahaan/BUMN, yayasan/organisasi masyarakat, perseorangan dan program tayangan televisi yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4317 seconds (0.1#10.140)