Alasan PKS Dukung Habib Ali Kwitang Jadi Pahlawan Kemerdekaan

Jum'at, 10 September 2021 - 11:46 WIB
loading...
Alasan PKS Dukung Habib Ali Kwitang Jadi Pahlawan Kemerdekaan
Partai Keadilan Sejahtera mendukung Al Walid Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau Habib Ali Kwitang menjadi Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung Al Walid Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau Habib Ali Kwitang menjadi Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu alasannya karena Habib Ali Kwitang memiliki peran besar dalam membangun jaringan para habaib dan ulama yang mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Sebagaimana yang juga sudah disampaikan oleh DPW PKS Jakarta dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid, PKS sangat mendukung pemberian gelar pahlawan nasional bagi para habaib, ulama, serta pejuang perempuan yang telah berjasa bagi kemerdekaan Indonesia,” ujar Ketua Departemen Politik DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi kepada SINDOnews, Jumat (10/9/2021).

Dia menjelaskan bahwa para tokoh agama yang memang berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sudah sewajarnya dihargai dan dihormati sebagaimana dengan para tokoh lainnya yang juga diberi gelar pahlawan . “Termasuk salah satunya adalah Habib Ali Alhabsyi bin Abdurrahman Alhabsyi atau Habib Ali Kwitang yang merupakan salah satu tokoh penting dalam syiar agama Islam di Jakarta,” kata Nabil Ahmad Fauzi.



Dia menilai peranan besar Habib Ali Kwitang dalam membangun jaringan para habaib dan ulama yang mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia patut dihargai dan dihormati, “Sehingga layak bagi negara untuk memberi gelar pahlawan kepada beliau. Melalui pemberian gelar pahlawan , sejatinya kita semakin mengokohkan ikatan kolektif bangsa kita, bahwa sejatinya kemerdekaan adalah kontribusi gotong royong dari begitu banyak elemen bangsa dengan berbagai latar belakang,” pungkasnya.

Sebelumnya, PKS DKI Jakarta mendukung penuh Habib Ali Kwitang menjadi Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun yang mengusulkannya adalah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama DKI Jakarta. “PKS DKI sangat mendukung usulan tersebut, karena hal ini adalah bagian dari sejarah yang tidak dapat dipisahkan, dimana peran Ulama merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah, khususnya di DKI Jakarta,” kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin.

Selain itu, kata Khoirudin, Habib Ali Kwitang merupakan salah satu tokoh habaib yang paling berpengaruh, bahkan paling disegani penjajah Belanda. Tak hanya itu, Habib Ali Kwitang juga adalah ulama paling populer di masa awal kemerdekaan. Dia mengungkapkan, Presiden Soekarno juga meminta pendapat para ulama di antaranya Habib Ali Kwitang dalam menentukan hari dan tanggal Kemerdekaan RI.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)