BPN Luncurkan Twitter dan Layanan SMS

Senin, 03 November 2014 - 15:58 WIB
BPN Luncurkan Twitter dan Layanan SMS
BPN Luncurkan Twitter dan Layanan SMS
A A A
JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang melakukan terobosan baru untuk memudahkan pengurusan tanah dan mencegah praktik korupsi.

Kementerian baru yang bercikal dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini meluncurkan akun Twitter dan layanan pesan pendek atau SMS. ”Untuk mempermudah informasi, hari ini (kemarin) diluncurkan akun Twitter resmi yaitu @atr_bpn dan hotline SMS di nomor 2409,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan dalam acara penyerahan sertifikat tanah di kantor BPN Jakarta Barat kemarin.

Menurut dia, lewat Twitter dan SMS itu masyarakat dapat menanyakan soal perkembangan proses berkas, biaya layanan pengukuran, biaya pengakuan hak, biaya konversi, biaya pemberian hak, dan biaya peralihan hak. Bisa juga untuk informasi pengaduan. Dengan begitu, masyarakat tidak terlalu lama menunggu, dan juga untuk menghilangkan praktik calo yang menjamur di setiap kantor BPN.

”Bagi masyarakat yang menemukan praktik korupsi bisa juga melaporkannya melalui layanan itu. Kami ingin melayani masyarakat dengan transparan tanpa praktik korupsi,” katanya. Untuk menunjung layanan tersebut, mantan anggota DPR ini meminta mulai awal November layanan pertanahan akan tetap buka pada akhir pekan. ”Mulai bulan ini, Sabtu dan Minggu tetap buka. BPN di seluruh Tanah Air tetap menerima pelayanan,” ungkapnya.

Meski demikian, Ferry mengingatkan masyarakat agar mengurus sendiri surat-surat tersebut. Menurut dia, BPN tidak melayani jika pengurusannya tetap diwakilkan. Dia meminta petugas BPN yang mendapat tugas melayani masyarakat pada akhir pekan, dapat mengganti liburnya pada Senin- Jumat. ”Ini salah satu langkah untuk meningkatkan pelayanan pertanahan. Pelayanan ini akan terus ditingkatkan,” tandanya.

Dia berharap, layanan itu bisa memudahkan masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan untuk mengurus suratsurat pertanahan. Pasalnya, masyarakat di perkotaan biasanya tidak sempat mengurus surat-surat pada hari kerja. ”Setiap kantor pertanahan di Jabodetabek, provinsi, maupun yang ditunjuk dapat melayani pada masyarakat pada akhir pekan,” tambahnya.

Upaya lainnya yang dilakukan untuk percepatan persertifikatan tanah, yakni pelayanan satuhari, pelayanan malam hari, layanan tujuh menit, layanan anggota masyarakat yang menyangkut rencana tata ruang dan wilayah kabupaten, dan informasi interaktif pertanahan.

Wahyu Hermansyah, 37, warga Kembangan, Jakarta Barat, mengaku senang bisa mendapatkan sertifikat gratis dari BPN. Menurut dia, sertifikat tersebut rencananya akan digadaikan ke bank untuk modal usaha.

Lebih jauh dia mengatakan, menteri BPN seharusnya lebih banyak turun ke bawah melihat kinerja anggota khususnya di bagian pelayanan. Sebab masih ada ditemukan sejumlah pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum petugas. ”Pungli masih ada, makanya kami minta Pak Menteri sering-sering turun ke bawah,” tambahnya.

Imas damayanti
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4646 seconds (0.1#10.140)