Pemulangan Jamaah Haji Terakhir 5 November

Senin, 03 November 2014 - 13:12 WIB
Pemulangan Jamaah Haji Terakhir 5 November
Pemulangan Jamaah Haji Terakhir 5 November
A A A
MADINAH - Pemulangan jamaah haji Indonesia dari Arab Saudi memasuki tahap akhir. Dari data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, jamaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) terakhir akan diberangkatkan pada Rabu mendatang (5/10).

Saat ini, seluruh jamaah haji yang tersisa di Arab Saudi seluruhnya berada di Madinah dan Jeddah. Di Madinah, jamaah menunaikan ibadah sunah arbain, yakni salat wajib 40 waktu berturut- turut di Masjid Nabawi. Sementara jamaah yang berada di Jeddah melakukan persiapan pemulangan melalui Bandara King Abdul Aziz setelah mereka merampungkan ibadah di Madinah.

“Sesuai dengan rencana, jamaah terakhir diterbangkan pada 5 November nanti,” ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Nasrullah Jasam kepada tim Media Center Haji (MCH) di Madinah kemarin. Nasrullah mengungkapkan, hingga kemarin tercatat masih ada 38 kloter yang berada di Madinah. Lama waktu jamaah haji Indonesia berada di Madinah adalah selama sembilan hari. Selain untuk salat arbain, di kota suci ini, jamaah juga diajak berziarah ke sejumlah tempat.

Dari data sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) Kementerian Agama, jamaah terakhir yang masuk Madinah dari Mekkah adalah kloter 80 dari Embarkasi Bekasi (JKS 80). Jamaah kloter 80 ini menurut rencana dipulangkan dari Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah. Kloter yang terdiri atas 440 jamaah ini diberangkatkan dari Mekkah pada sore Minggu lalu (26/10). Kepala Daker Mekkah Endang Jumali mengatakan, pada pergeseran terakhir itu, selain kloter 80, pihaknya memberangkatkan 15 kloter lainnya dari Mekkah.

Fase pemulangan jamaah haji Indonesia gelombang kedua menggunakan dua bandara, yaitu Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah. Berkaitan dengan jadwal kepulangan jamaah, Kepala Seksi Pelayanan Kepulangan Daker Jeddah Edayanti Dasril mengungkapkan, jamaah yang dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah meliputi 8 embarkasi, yaitu Padang, Makassar, Solo, Balikpapan, Banda Aceh, Lombok, Banjarmasin, dan Palembang. “Embarkasi lainnya dipulangkan lewat Madinah,” ujar Edayanti.

Pada tahunini, jumlahjamaah haji Indonesia sebanyak 168.800 orang. Dalam catatan siskohat, hingga kini tercatat jamaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci berjumlah 291 orang. Perinciannya sebanyak 274 dari jamaah haji reguler dan 17 lainnya dari jamaah haji khusus. Angka itu diketahui telah melampaui jumlah jamaah haji yang wafat pada musim haji tahun lalu sebanyak 266 jamaah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi Fidiansyah mengatakan, tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) memberikan prioritas kepada calon jamaah yang berusia tua untuk mengisi sisa kuota. “Mereka menjadi prioritas tahun ini, mau tidak mau jamaah berisiko tinggi meningkat sehingga berdampak pada profil kesehatannya dan angka kematian jamaah,” kata dia.

Namun, menurut Fidiansyah, angka kematian jamaah tahun ini masih lebih rendah dibandingkan tahun 2011 dan 2012. “Dibandingkan 2013 angka ini lebih tinggi karena kelompok resiko tinggi lebih banyak. Tapi secara proporsional persentase masih di bawah target 2 per mil,” urai dia.

Hakim/mch
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)