Pecandu Selalu Cari Teman Gunakan Narkoba

Rabu, 29 Oktober 2014 - 17:32 WIB
Pecandu Selalu Cari Teman Gunakan Narkoba
Pecandu Selalu Cari Teman Gunakan Narkoba
A A A
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan adanya indikasi jika pecandu narkoba biasanya berusaha mencari teman sebanyak mungkin untuk menggunakan narkoba.

Masyarakat diminta untuk melapor ke BNN apabila mengetahui ada warga yang terindikasi sebagai pecandu narkoba.Tujuannya agar pecandu segera mendapat layanan rehabilitasi.

"Kalau tidak segera di tangani yang bersangkutan akan mengajak masyarakat yang lain untuk ikut menggunakan narkoba. bias saja yang menjadi korban adalah keluarga kita," tutur Direktur Diseminasi informasi, Deputi Bidang Pencegahan BNN Gun Gun Siswadi saat diskusi dengan kader Posdaya di Ciputat, Rabu (29/10/2014).

Namun, lanjut Gun Gun, masyarakat tidak boleh menghakimi pecandu atau pengguna narkoba karena mereka adalah orang sakit yang perlu diobati agar kembali menjalani kehidupan yang normal.

"Pilihan yang tepat bagi mereka adalah rehabilitasi," tegasnya.

Menurut Gun Gun, 2014 merupakan tahun penyelamatan pengguna narkoba. Saat ini terjadi perubahan paradigma tentang penanganan pecandu dan pengguna.

"Jika sebelumnya pecandu dan pengguna narkoba di masukan kedalam penjara, maka saat ini tidak demikian, pecandu dan pengguna narkoba didorong untuk direhabilitasi. Khusus bagi pengedar dan sindikat hukumannya tetap hukuman pidana," tutur Gun Gun.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5885 seconds (0.1#10.140)