Cara Menpora Imam Nahrawi Maknai Sumpah Pemuda

Selasa, 28 Oktober 2014 - 16:37 WIB
Cara Menpora Imam Nahrawi Maknai Sumpah Pemuda
Cara Menpora Imam Nahrawi Maknai Sumpah Pemuda
A A A
YOGYAKARTA - Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada hari ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berziarah ke makam para tokoh bangsa yang masa mudanya memberikan sumbangsih bagi negara.

Di Pemakaman Taman Siswa, Imam menaburkan bunga di makam para tokoh tersebut. Salah satunya pendiri PSSI Alm. Ki Soegondo Djojopoespito.

Ki Soegondo juga Ketua Kongres Pemuda. Saat memimpin Kongres Pemuda 1928 silam, Ki Soegondo baru berusia 23 tahun.

Imam memuji Ki Soegondo yang berani mengebrak para pemuda kala itu untuk mewujudkan cita-cita besar untuk perubahan.

Lalu apa makna Sumpah Pemuda bagi Menpora?

"Kita harus belajar dari banyak tokoh, para pahlawan yang telah mendahului kita. Semoga kita mampu mengambil suri teladan dari para sosok pahlawan pemuda pendahulu kita," kata Imam pada wartawan usai melakukan ziarah ke Makam Wijaya Brata, Taman Siswa Yogyakarta, Selasa (28/10/2014).

"Kita harus berikrar dalam hati kita bahwa hidup, kehidupan ini, sampai matipun harus di Indonesia. Kita juga harus ikrarkan diri bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan," kata Imam.

"Kita wajib junjung tinggi tanah air kita, itu artinya sebagai pemuda tidak boleh minder, tidak boleh lagi kecil hati, dan sebaliknya, kita harus menatab masa depan dengan optimis," imbuhnya.

Di tempat pemakaman Keluarga Besar Taman Siswa Yogyakarta itu, Imam terlihat memanjatkan doa di pusaran Ki Soegondo dan Ki Hajar Dewantoro, bapak pendidikan Indonesia. Imam juga sempat menabur bungga di atas pusaran kedua tokoh pemuda tersebut.

Mantan Menpora Roy Suryo tampak mendampingi Imam. Terlihat keduanya cukup akrab satu sama lain.

"Sertijabnya Rabu (29 Oktober) besok di Kemenpora. Menpora yang baru ini usianya 5 tahun lebih muda dari saya, sekarang usianya baru 41 tahun," kata Roy.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)