Sejumlah Jalan dan Gerbang Tol Ditutup

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 15:38 WIB
Sejumlah Jalan dan Gerbang Tol Ditutup
Sejumlah Jalan dan Gerbang Tol Ditutup
A A A
JAKARTA - Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan Ibu Kota ditutup saat Jakarta Marathon 2014 berlangsung besok. Beberapa gerbang masuk dan keluar tol dalam kota juga tidak difungsikan selama beberapa jam.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta M Akbar mengatakan, pengalihan ini harus dilakukan untuk menjaga kelancaran kegiatan tahunan tersebut. Begitu juga bagi masyarakat yang beraktivitas untuk ikut menyesuaikan."Bagi pengendara diharap maklum atas perubahan arus lalu lintas yang berlangsung di hari Minggu," kata M Akbar dalam rilisnya yang diterima KORAN SINDO, kemarin.

Jakarta Marathon terdiri dari lari 5 km, 10 km, half marathon (21 km), dan full marathon (42 km). Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 05.00 hingga 12.00 WIB dengan titik start dari Silang Tugu Monas Merdeka Barat Daya. Jalan yang menjadi rute Jakarta Marathon ditutup sepanjang event ini digelar.

Rute lari Jakarta Marathon yakni Silang Tugu Monas Merdeka Barat Daya-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Gajah Mada-Jalan Pintu Besar Selatan-Jalan Bank-Jalan Kali Besar Barat-Jalan Kali Besar Timur 3-Jalan Kunir-Jalan Kemukus-Jalan Ketumbar-Jalan Lada-Jalan Pintu Besar Selatan-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan, dan Gedung Kesenian.

Selanjutnya terus ke Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Bundaran HI-Jalan Imam Bonjol-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subrotoputar balik di kolong Flyover Pancoran menuju Jalan Gatot Subroto-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afika-Jalan Hang Tuah-Jalan Kyai Maja-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Sudirman-Bundaran HI-Jalan MH Thamrin hingga sampai titik finis Silang Merdeka Barat Daya dengan melewati Jalan Bundaran Indosat/Patung Kuda.

Akbar menyebutkan, Dishub DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menutup sejumlah ruas jalan yang menjadi rute Jakarta Marathon."Penutupan dilakukan bersifat situasional kondisi lalu lintas di lapangan dengan memperkirakan waktu pelari melintasi ruas jalan tertentu," tandasnya.

Ada beberapa ruas jalan yang sudah dipastikan ditutup dari 04.00-12.00 WIB. Beberapa ruas tersebut yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, dan Jalan Sudirman sampai Patung Pemuda. Sebagian lagi penutupan hanya berlangsung dari 04.00-09.00 WIB yakni Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Gajah Mada-Jalan Pintu Besar Selatan-Jalan Bank-Jalan Kali Besar Barat-Jalan Kali Besar Timur 3-Jalan Kunir-Jalan Kemukus-Jalan Ketumbar-Jalan Lada-Jalan Pintu Besar Selatan, dan Jalan Hayam Wuruk. Selanjutnya hal serupa juga terjadi Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapang Banteng Utara-Jalan Katedral, dan Jalan Veteran. Setelah 09.00 WIB, jalan-jalan tersebut akan dibuka bertahap.

Sejumlah jalan yang baru dibukapada 12.00 WIB yakni mulai dari Jalan Iman Bonjol menuju ke Jalan HR Rasuna Said ke Gatot Subroto sisi barat sampai Simpang Pancoran. Dari Jalan Gatot Subroto sisi timur sampai dengan Simpang Gerbang Pemuda-Gerbang Pemuda sisi selatan Penutupan juga dilalukan di pintu masuk dan pintu keluar tol dalam kota untuk ruas Cawang-Grogol. Penutupan pukul 05.00–12.00 WIB. Pengendara hanya bisa mengakses on ramp dan off ramp berikutnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menambahkan, dengan adanya Jakarta Maraton,kegiatan carfree day atau hari bebas kendaraan bermotor ditiadakan. Operasional bus Transjakarta ikut mengalami penyesuaian.

Syafrin mengimbau pengguna kereta api yang menuju Stasiun Gambir agar menyesuaikan waktu dan rute perjalanan. Akses menuju Stasiun Gambir dapat melalui Jalan Kwitang, Jalan Menteng Raya ataupun Jalan Pejambon.

Polda Metro Jaya menyiagakan 800 personel untuk pengaturan lalu lintas. Mereka juga bertugas menjemput pelari yang tidak mencapai garis finis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengimbau masyarakat memperhatikan rekayasa lalu lintas yang. Dia mempersilakan masyarakat memeriahkan acara dengan tertib di sepanjang lintasan maraton. ”Namun dilarang turun ke lintasan maraton,” jelasnya.

Ilham safutra/Ridwansyah

SABTU 25 OKTOBER 2014
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6649 seconds (0.1#10.140)