Kesan Peserta Ikut TKD CPNS 2014

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 03:07 WIB
Kesan Peserta Ikut TKD CPNS 2014
Kesan Peserta Ikut TKD CPNS 2014
A A A
JAKARTA - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pada Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2014 untuk Intansi Sekretariat Kabinet (Setkab) dinilai sebagian peserta merupakan tes yang paling sulit.

Hal itu justru tidak berlaku bagi Kartika Puspitasari, wanita peserta TKD lulusan Universitas Negeri Padjajaran (UNPAD) Bandung, Jawa Barat ini.

Kartika menjelaskan, di dalam TWK terdapat banyak soal yang berkaitan dengan undang-undang dan sistem tata negara yang menurutnya bukan merupakan soal yang sulit.

"Gampang kok, karena saya memang backgroundnya hukum, jadi sama hal-hal tata negara, hukum itu udah jadi makanan sehari-hari. Saya juga pernah ikut lomba debat MK," ujarnya kepada Sindonews ketika ditemui usai melaksanakan tes TKD di Gedung BKN, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

Hal itu dibuktikan saat nilai tesnya tertera pada layar televisi Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Dia menempati urutan ke tujuh dari 50 orang peserta dengan total nilai sebanyak 362, dengan rincian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 120 poin, Tes Intelegensia Umum (TIU) 95 poin, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 147 poin.

"Susahnya Tes Intelegensia Umum (TIU), soalnya di dalam soal itu ada Matematika, saya enggak bisa hitung-hitungan," ujarnya sembari tertawa.

Dalam kesempatan itu, Kartika menyarankan agar belajar terlebih dahulu untuk menghadapi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). "TWK ini sifatnya hafalan, jadi harus belajar dan banyak baca," ucapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5860 seconds (0.1#10.140)