Pengamanan Pelantikan Presiden Ditetapkan 5 Ring

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 17:33 WIB
Pengamanan Pelantikan Presiden Ditetapkan 5 Ring
Pengamanan Pelantikan Presiden Ditetapkan 5 Ring
A A A
JAKARTA - Pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK), bakal difokuskan di sejumlah tempat, yang diduga menjadi titik rawan.

Informasi tersebut dikatakan Ketua DPR Setya Novanto. Menurutnya, di sejumlah lokasi itu akan ditempatkan pasukan dari satuan Polda yang diperbantukan Kodam Jaya.

"Ada lima ring keamanan. Nanti tidak usah khawatir, semua akan berjalan lancar, aman dan tentram, saatnya beri kepercayaan pada rakyat Indonesia, dengan betul-betul lancar," kata Setya Novanto, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Dari hasil laporan yang diterima DPR dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya, seluruh wilayah kompleks parlemen di Senayan, akan menjadi fokus pengamanan.

"Kompleks MPR, DPR, dan DPD, merupakan objek vital sebagai tempat kenegaraan yang harus diprioritaskan keamanannya sesuai standar," ujar politikus Partai Golkar itu.

Meskipun begitu, pihaknya mengimbau agar keamanan dapat dilakukan dengan tidak menghambat aspirasi masyarakat ke DPR.

Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI Teddy Lhaksmana membenarkan informasi pengamanan yang disampaikan Ketua DPR itu. Menurutnya, TNI hanya bersifat membantu dalam pengamanan pelantikan tersebut.

Meski demikian, pihaknya tengah menyiapkan sebanyak 5.500 personel keamanan yang bertugas. Hal ini nantinya sesuai dengan permintaan Polda Metro Jaya.

"Dari Kodam kita siapkan 55 SSK (Setara Satuan Kompi). (Semuanya) 5.500 (personel) dengan perlengkapan," ucapnya di Gedung DPR.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3885 seconds (0.1#10.140)