Demokrasi Bukanlah Sesuatu yang Mudah

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 13:55 WIB
Demokrasi Bukanlah Sesuatu yang Mudah
Demokrasi Bukanlah Sesuatu yang Mudah
A A A
NUSA DUA - Pagelaran Bali Democracy Forum (BDF) resmi dibukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Jumat (10/10/2014). Dalam sambutannya SBY menyoroti mengenai proses demokrasi yang menurutnya bukanlah sesuatu hal yang mudah.

“Pemilihan umum (Pemilu) bukanlah sesuatu yang mudah,” ucap SBY dalam sambutannya.

SBY menyatakan, pemilu merupakan proses yang sangat melelahkan, mahal, berpotensi untuk memecah belah, karena memunculkan rasa emosional.

"Saya rasa sama saja dengan pemilu lain di dunia. Tidak ada satu orang pun yang mengatakan bahwa demokrasi adalah sebuah hal yang mudah," lanjut SBY.

Namun, SBY menyebutkan Indonesia telah bisa membuktikan pada dunia bahwa dalam proses peralihan, Indonesia bisa menjalannya dengan lancar.

"Ketika Presiden berikutnya di lantik, Indonesia telah membuktikan, baik kepada warga kita sendiri dan kepada dunia internasional, bahwa kita dapat melakukan transfer kekuasaan dan konstitusional secara damai," imbuhnya.

Dalam sambutannya SBY juga memperkenalkan sedikit mengenai sosok Presiden baru Indonesia, Joko Widodo yang akan dilantik dalam 10 hari ke depan.

Pada kesempatan itu, SBY pun menyampaikan salam perpisahan kepada para delegasi. "Ini adalah kali terakhir saya menghadiri BDF sebagai Presiden," ujarnya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7016 seconds (0.1#10.140)