Ucapan Xanana Gusmao Dinilai Hanya Lips Service

Kamis, 09 Oktober 2014 - 16:48 WIB
Ucapan Xanana Gusmao Dinilai Hanya Lips Service
Ucapan Xanana Gusmao Dinilai Hanya Lips Service
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Golkar Tantowi Yahya meminta semua pihak mencermati komentar Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao yang menyatakan Timor Leste ingin bergabung kembali dengan Indonesia.

Menurut Wasekjen Partai Golkar ini, Xanana mengucapkan itu hanya untuk membuat senang bangsa Indonesia karena patut dicontoh negaranya.

"Dalam ucapannya apakah pernyataan beliau itu ingin kembali karena ingin menyenangkan kita atau dengan kata lain ingin lips service saja," kata Tantowi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Bisa jadi, kata Tantowi, ucapan Xanana Gusmao itu karena mantan gerilyawan itu terkesima dengan model persenjataan atau alutsista yang dimiliki Indonesia. Sebab, ucapan Xanana terlontar pada saat perayaan HUT TNI di Surabaya.

"Jadi menurut saya jangan disikapi terlalu dalam. Harus dilihat implikasinya terhadap politik mereka. Jangan kemudian ditarik-tarik ke hal-hal yang seolah-olah beliau ingin bergabung kembali, jadi itu ya," imbuhnya.

Seperti diberitakan, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao sempat membuat pernyataan mengejutkan pada saat menghadiri undangan HUT TNI ke-69 tahun di Surabaya. Xanana menyebut negaranya ingin bergabung dengan Indonesia.

"Timor Leste harus bergabung dengan Indonesia. Kami butuh pemimpin baru," ujar Xanana di Surabaya, Selasa 7 Oktober 2014.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6887 seconds (0.1#10.140)