Enggak Dilantik, Jero Wacik Sadar Diri

Rabu, 01 Oktober 2014 - 14:21 WIB
Enggak Dilantik, Jero...
Enggak Dilantik, Jero Wacik Sadar Diri
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Ekonomi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik akhirnya mengundurkan diri dari pelantikan anggota DPR terpilih.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPR Marzuki Alie usai mengikuti upacara hari kesaktian Pancasila. Marzuki mengatakan, Jero tidak mau dilantik terkait etika.

"Kelihatannya beliau tidak mau. Dia paham tentang etika," ujar Marzuki di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (1/10/2014).

Marzuki menuturkan, sebelum mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, ada beberapa persyaratan yang harus ditandatangani oleh para legislator tersebut.

Salah satunya yakni tidak terlibat masalah hukum. Hal inilah yang seharusnya menjadi dasar etika bagi anggota DPR menolak dilantik atau mengundurkan diri.

"Syaratnya tidak terlibat masalah hukum. Dia saat itu memang tidak masalah tapi sekarang saat jadi terlibat masalah. Seharusnya tidak dilantik dong tahu diri," tuturnya.

Namun Marzuki menjelaskan, undang-undang saat ini masih memperbolehkan seseorang berstatus tersangka dilantik menjadi anggota DPR. Sebab, undang-undang menyebut batasannya sampai ada ketetapan hukum tetap.

"Kalau ikut undang-undang iya, tapi kembali yang bersangkutan itu masalah etika," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)