Persamaan dan Perbedaan Antara SBY dan Jokowi

Selasa, 16 September 2014 - 14:45 WIB
Persamaan dan Perbedaan Antara SBY dan Jokowi
Persamaan dan Perbedaan Antara SBY dan Jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki kesamaan dengan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboebakar Al Habsiy mengatakan, kesamaan dimaksud dalam menentukan postur kabinet.

Menurutnya, SBY dan Jokowi sama-sama mengakomodir orang partai politik (parpol) di jajaran kursi menteri.

"Saat dulu dikatakan adanya koalisi tanpa syarat, tak ada bagi bagi kursi menteri, saya membayangkan kabinet Jokowi memang 100 persen diisi orang profesional," kata Aboebakar melalui pesan singkat, Selasa (16/9/2014).

Namun, kata Aboebakar ada perbedaan diantara keduanya. Dia menilai, Presiden SBY tidak banyak mengumbar janji ke publik terkait postur kabinet yang akan dibentuknya.

"Bedanya adalah, dulu SBY tidak pernah berkoar akan membuat kabinet profesional dan tidak bagi-bagi kursi menteri. Tidak pernah berjanji akan buat koalisi tanpa syarat," ucapnya.

Dia menambahkan, tidak sejalan antara pernyataan sebelumnya Jokowi dengan postur kabinet yang dibentuknya, menjadi catatan penilaian bagi publik ke depan. "Saya rasa publik sudah sangat cerdas untuk menilai hal itu," tandasnya.

Jokowi bersama wakilnya Jusuf Kalla sudah mengumumkan postur kabinet ke depan. Jokowi mengumumkan bakal ada 34 kementerian di pemerintahannya mendatang dengan rincian, 18 kursi diisi profesional murni dan 16 lagi diisi oleh profesional dari parpol.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7489 seconds (0.1#10.140)
pixels