Pendaftaran CPNS Diperpanjang

Sabtu, 23 Agustus 2014 - 17:37 WIB
Pendaftaran CPNS Diperpanjang
Pendaftaran CPNS Diperpanjang
A A A
JAKARTA - Pemerintah akhirnya memerpanjang masa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Keputusan ini diambil setelah portal pendaftaran down karena membludaknya pendaftar.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengakui, tim IT panitia seleksi nasional (panselnas) memang sejak kemarin masih memerbaiki server yang jebol karena membludaknya jumlah pengunjung portal yang mencapai 5 juta lebih.

Oleh karena itu panselnas mengambil keputusan untuk memerpanjang waktu pendaftaran. Pejabat karir di BKN ini menjelaskan, panitia mengambil keputusan ini karena proses penerimaan CPNS mulai pendaftaran hingga tes ini dibuka sampai Desember.

Namun masa pendaftaran tetap ditenggat hanya dua minggu sehingga masa pendaftaran dimulai sejak 24 Agustus hingga 7 September 2014.

"Sekarang portal akan diberesin. Peserta tidak perlu khawatir karena waktu pendaftaran akan diperpanjang," kata Eko ketika dihubungi KORAN SINDO, Sabtu (23/4/2014).

Dia menjelaskan, pendaftaran diperkirakan akan normal kembali pada 24 Agustus namun yang akan dibuka baru untuk lima instansi pusat saja.

Eko menyebutkan, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perindustrian termasuk instansi yang akan membuka pendaftaran pada 24 Agustus nanti. Sedangkan sisanya termasuk instansi daerah juga bertahap akan dibuka.

Pendaftaran secara bertahap ini, ujarnya, karena masih menunggu rincian formasi aparatur negara yang sudah disetujui pemerintah pusat. Diketahui, formasi nasional CPNS tahun ini dibuka untuk 68 kementerian lembaga.

Di antaranya untuk tiga kementerian koordinator, 27 kementerian, 28 lembaga pemerintah non kementerian, dua lembaga Negara dan delapan secretariat lembaga negara.

"Sedangkan untuk formasi daerah diberikan untuk 400 instansi yaitu 28 pemerintah provinsi dan 455 pemerintah kabupaten kota," ucapnya.

Eko menerangkan, pemerintah sudah bekerjasama dengan PT Telkom untuk membereskan jaringan yang down tersebut. Di antaranya dengan perbaikan sistem dan memerbesar bandwith yang ada.

Eko juga menampik anggapan sebagian masyarakat jika portal pendaftaran dibajak karena panselnas sudah membuat sistem pertahanan agar hacker tidak bisa mengakses.

Selain itu, agar peserta tidak gagap ketika mendaftar maka dimuat juga bimbingan cara pendaftaran pada portal pendaftaran tersebut. "Prinsip panselnas akan membereskan jaringan yang down ini. Masalah hanya terjadi di awal nanti sudah akan lancar kembali," terangnya.

Menurut dia, jaringan yang down ini terjadi karena pemerintah membuka 5 persen formasi untuk segala jurusan. Formasi khusus tersebut ini pasti menjadi incaran seluruh masyarakat karena sebelumnya orang yang mendaftar harus spesifik jurusan dan bidang jabatan yang diincarnya.

Dengan adanya formasi khusus ini pula dia tidak mampu memprediksi berapa jumlah pendaftar pada seleksi CPNS yang dibuka usai moratorium penerimaan CPNS dibuka tahun lalu.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5753 seconds (0.1#10.140)