Koalisi Merah Putih Jadi Penyeimbang Jokowi-JK

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 08:20 WIB
Koalisi Merah Putih Jadi Penyeimbang Jokowi-JK
Koalisi Merah Putih Jadi Penyeimbang Jokowi-JK
A A A
JAKARTA - Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tidak menggoyahkan semangat Koalisi Merah Putih.

Pasca putusan MK, koalisi partai politik (parpol) pendukung Prabowo-Hatta itu justru bertekad memperkuat soliditas.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tandjung mengatakan Koalisi Merah Putih akan menjadi kekuatan penyeimbang bagi pemerintahan mendatang.

"Kami akan berada di luar pemerintahan. Kami akan memperkuat sistem demokrasi kita untuk jadi penyeimbang," kata Akbar di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Akbar menilai putusan MK tidak memperlihatkan keadilan substansi. Padahal jelas ada pelanggaran kode etik dalam penyelenggaraan pilpres. Hal itu terlihat dari putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Kami akan teruskan kiprah kami sebagai kekuatan penyeimbang, demi kepentingan bangsa, rakyat dan negara," kata Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Prabowo-Hatta.

Koalisi Merah Putih beranggotakan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB).

Para parpol ini berkomitmen untuk membentuk koalisi yang bersifat permanen. Komitmen itu dituangkan dalam deklarasi yang dihadiri seluruh perwakilan parpol di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, 17 Juli lalu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3506 seconds (0.1#10.140)