Indonesia Jadi Tuan Rumah Earoph World Congress 2014

Senin, 11 Agustus 2014 - 11:42 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Earoph World Congress 2014
Indonesia Jadi Tuan Rumah Earoph World Congress 2014
A A A
JAKARTA - The 24th Earoph World Congress 2014 yang merupakan kongres berkelas internasional tentang tata kelola kota hari ini resmi digelar. Tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah kongres yang diikuti oleh para wali kota, pemangku kepentingan, praktisi, perencanaan kota, dan pelaku usaha.

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, Bernardus Djonoputro menuturkan, meskipun berbagai persoalan perkotaan seperti kemacetan, tingginya biaya hidup, dan kualitas infrastruktur, namun kota menengah di Indonesia mulai menggeliat menjadi lebih nyaman.

"Indonesia akan memasuki puncak era urbanisasi sekaligus masa tingginya produktifitas penduduk. Lebih dari 30 kota menengah di Indonesia akan tumbuh diatas 1 juta penduduk, dan risiko tidak terpenuhinya kebutuhan warga semakin menuntut perhatian semua pemangku kepentingan," ujar dia pada acara pembukaan The 24th Earoph World Congress 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (11/8/2014).

Dalam kongres ini, sebanyak 30 wali kota dan pemimpin kota di region Asia Pasifik dan nusantara hadir dan membahas sikap pandangan dan posisi para wali kota dalam tata kelola kota menuju kota pintar dan berketahanan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) Hermanto Dardak menegaskan, Indonesia sebagai bagian penting sistem kota regional memberikan komitmen untuk mendukung usaha nyata dalam perencanaan dan pembangunan kota yang berketahanan dan smart.

"Serta membangun dialog bagi pengambil kebijakan untuk mendesain kebijakan pembangunan kota berkelanjutan," ungkap dia.

Dalam lingkup nasional, tantngan perencanaan telah bergeser dari skala perencanaan makro kebijakan kepada perencanaan yang lebih teknis dalam lingkup rencana detail dan zoning. Hal ini ditandai dengan telah hampir selesainya penyusunan RT/RW nasional, RT/RW provinsi, kabupaten, dan kota.

Dalam kongres ini hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama dan co-leader M Ramdan Pomanto, Wali Kota Makasar Mohammad Ramdhan Pomanto, Wali Kota Bilbao Ibon Aresso, CEO Otoritas Regional Iskandar Malaysia Dato Ismail Ibrahim, Bupati Bojonegoro Suyoto, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta Bupati Wakatobi Hugua.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7775 seconds (0.1#10.140)