Partisipasi Pemilih pada PSU di Pondok Pucung Turun

Kamis, 17 Juli 2014 - 03:02 WIB
Partisipasi Pemilih pada PSU di Pondok Pucung Turun
Partisipasi Pemilih pada PSU di Pondok Pucung Turun
A A A
TANGERANG - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang di Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, minim partisipasi.

Pelaksanaan PSU yang dilakukan pada hari kerja ini hanya mampu menjaring sekitar 50 persen warga, yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Data yang di dapat, dari jumlah 342 DPT yang terdaftar di wilayah tersebut, hanya ada sekitar 182 pemilih yang mau menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPPS setempat, Sukardi mengatakan, minimnya partisipasi warga yang menggunakan hak pilih, lebih dikarenakan pelaksanaan PSU yang berlangsung pada hari kerja. Disamping itu, banyak warga yang cenderung malas jika harus memilih dua kali.

"Kami sudah melakukan himbauan kepada warga untuk bisa menyalurkan hak pilihnya sebelum bekerja ataupun beraktivitas," tuturnya, Rabu 16 Juli 2014.

Ditambahkan Sukardi, jumlah tersebut relatif jauh berkurang, dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Pemilu 9 Juli lalu. Di mana saat pemungutan 9 Juli lalu tingkat partisipasi warga hampir 100 persen.

Di sisi lain, Marini (45), salah seorang warga pondok pucung yang ikut serta dalam PSU, mengatakan, jika ini merupakan pengalaman pertama sejak dirinya terdaftar sebagai pemilih tetap di daerah tersebut.
Meski ikut berpartisipasi, pihaknya tetap menyangkan penyelanggaraan PSU yang berlangsung di hari kerja. Pasalnya, banyak dari tetangga dan koleganya, yang tidak bisa ikut menyumbangkan suaranya.

"Sebenernya sih agak males ya, kalau harus milih dua kali begini. Tapi karena kebetulan saya tidak berhalangan, ya ikut aturan saja lah. Cuma kalau begini, kasihan mereka yang kerja. Jadi gak bisa ikut milih," terangnya.

Seperti diketahui, PSU di TPS 20 Pondok Pucung ini dilakukan setelah diketahui ada 103 warga yang menggunakan KTP daerah tanpa dilengkapi Formulir A5 melakukan pencoblosan. Untuk di TPS 20 yang akan melakukan PSU terdapat 342 warga yang resmi masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6375 seconds (0.1#10.140)