PDIP Apresiasi Imbauan SBY

Jum'at, 04 Juli 2014 - 13:39 WIB
PDIP Apresiasi Imbauan SBY
PDIP Apresiasi Imbauan SBY
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengapresiasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengimbau TNI/Polri untuk mengantisipasi kekacauan Pemilu 2014.

"Imbauan itu sangat menyejukkan kita semua sebagai bangsa khususnya PDI Perjuangan," kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo, Jumat (4/7).

Bagaimanapun, kata Tjahjo, TNI/Polri sebagai garda terdepan mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami keluarga besar PDIP memang memegang teguh dan percaya terhadap komitmen dari Panglima TNI dan Kapolri, mengenai netralitasnya, dan komitmennya menghadapi kemungkinan apa pun yang bisa terjadi. Instruksi Presiden menguatkan kepercayaan kami bahwa Presiden pada posisi politik yang seharussnya yakni netral, demikian juga TNI/Polri," tutur Tjahjo.

Hal yang tentu ditekankan, lanjut Tjahjo, karena di Pilpres tahu 2014 ini banyak sekali terjadi pelanggaran hukum berupa kampanye hitam, maka aparat pemerintah khususnya Polri wajib untuk melakukan pencegahan dan menindak siapapun pelanggaran hukum.

"Kepada TNI, yang lahir dari rakyat dan bersatu bersama kekuatan rakyat kami yakin akan terus menunjukkan kesiapsiagaannya dalam membantu Polri dalam rangka menjamin pengamanan pelaksanaan pilpres," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden SBY meminta eluruh jajaran Polri dan TNI agar tidak menganggap ringan situasi sekarang ini menjelang Pilpres 2014. "Saya minta jajaran Polri dan TNI tidak menganganggap ringan situasi, tidak underestimate," ujar Presiden SBY dalam rapat kabinet terbatas bidang politik, hukum, dan keamanan di Kantor Presiden, Kamis 3 Juli 2014.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)