Prabowo Lebih Percaya Diri Dalam Mengambil Kebijakan

Kamis, 03 Juli 2014 - 19:21 WIB
Prabowo Lebih Percaya...
Prabowo Lebih Percaya Diri Dalam Mengambil Kebijakan
A A A
JAKARTA - Laboratorium Politik Universitas Indonesia (UI) bersama elemen lainnya menggelar kajian psikologi politik terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Salah satu pertanyaan yang mereka ajukan adalah terkait pengambilan keputusan. Hasilnya Capres nomor urut 1 Prabowo dinilai sosok yang bisa bertahan dengan kebijakannya meski apa yang dicetuskannya dinilai tidak populer.

"Ada kecenderungan lebih percaya diri," kata Peneliti Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk dalam pemaparan hasil kajiannya di D'Consulate Resto, Jakarta Pusat, Kamis (3/7/2014).

Dalam hasil temuannya, Prabowo memperoleh 74 persen suara responden yang menilainya bisa bertahan dengan kebijakannya ketika tidak populer, hanya 26 persen yang menjawab Prabowo mengubah kebijakan ketika mendapat pertentangan.

Hasil ini berbeda dengan capres nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi), dimana mereka yang menilai Jokowi bisa bertahan dengan kebijakan yang tidak populer hanya 56 persen responden dan sisanya menilai mantan Wali Kota Solo ini akan merubah kebijakannya.

Kajian ini dilakukan dengan metode survei dengan responden 204 psikolog yang memiliki pengetahuan dan pengalaman melakukan penilaian kepribadian.

Survei dilakukan dengan terlebih dahulu meminta responden membaca bagian biografi para calon, kemudian mereka menilai aspek kepribadian dan memberikan prediksi ke depan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)