Jelang Pengumuman Harta Kekayaan Capres-Cawapres

Selasa, 01 Juli 2014 - 14:09 WIB
Jelang Pengumuman Harta Kekayaan Capres-Cawapres
Jelang Pengumuman Harta Kekayaan Capres-Cawapres
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan akan mengumumkan harta kekayaan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Rencananya pengumuman itu akan dilakukan hari ini, Selasa (1/7/2014), pukul 14.00 WIB, di Aula Utama Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, pelaporan harta kekayaan capres-cawapres merupakan salah satu syarat untuk ikut dalam pemilihan umum presiden. Pendaftaran kekayaan merupakan permintaan KPK kepada KPU, agar pemerintahan mendatang transparan.

Dasar hukum pengumaman harta oleh KPK ini sesuai dengan Undang-undang (UU) yang berlaku, yaitu pasal 5f dan pasal 14 ayat 1d UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Kapolres Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Hendro Pandowo mengatakan, guna mengamankan kegiatan di KPU hari ini, pihaknya menurunkan 492 personel kepolisian yang terdiri dari satu kompi lantas, dua kompi shabara, dan dua kompi brimob.

"Kami akan berfokus mengamankan seputar gedung KPU saja," ujar Hendro saat ditemui wartawan di depan Gedung KPU.

Seperti pantauan Sindonews, panitia telah menyiapkan podium untuk mengumumkan hasil kekayaan capres-cawapres. Cawapres nomor urut satu Hatta Rajasa bersama tim pemenangan tiba lebih dahulu di KPU.

15 menit kemudian giliran cawapres nomor urut dua, Jusuf Kalla bersama tim. Saat ditanya kabar kesehatannya, JK memberikan keterangan bahwa dirinya dalam keadaan sehat. "Sudah sehat, kemarin kecapean saja. Hari ini saya juga puasa," tuntasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8006 seconds (0.1#10.140)