KORAN SINDO 9 Tahun

Senin, 30 Juni 2014 - 15:16 WIB
KORAN SINDO 9 Tahun
KORAN SINDO 9 Tahun
A A A
HARI ini KORAN SINDO telah berusia 9 tahun. Meski masih terbilang berusia muda di kalangan media cetak Tanah Air, kehadiran surat kabar ini telah memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kehadiran KORAN SINDO telah mewarnai berbagai kehidupan mulai bidang politik dan keamanan, hukum, ekonomi, pendidikan, sosial budaya, masalah-masalah luar negeri, olahraga hingga gaya hidup. KORAN SINDO telah menjadi bagian penting dari kehidupan negara ini, terutama dalam mengawal jalannya demokrasi di republik ini menjadi lebih baik.

Tugas sebagai penjaga pilar keempat demokrasi, kita telah menyajikan berbagai berita-berita yang misinya adalah menjadi checks and balances kepada pemerintah dengan cara yang konstruktif, santun, dan bermartabat. Kita turut ikut mendukung pemerintah dan TNI menjaga kedaulatan bangsa ini dalam wadah NKRI. Bagaimanapun, kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI merupakan harga mati yang harus dipertahankan hingga titik darah penghabisan.

Semangat-semangat tersebut terus kita kobarkan dalam roh jurnalisme kita. Penegakan hukum menjadi salah satu fokus terpenting, terutama terkait pemberantasan korupsi. Kita tahu, permasalahan utama bangsa ini adalah terkait lemahnya penegakan hukum dan makin masifnya korupsi. Maraknya korupsi, selain membuat anggaran negara bocor yang pada gilirannya menghambat pembangunan, juga menjadi high cost economy. Hukum seakan hanya tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Tidak ada kepastian hukum di negara ini juga masih menjadi momok bagi kalangan investor dalam dan luar negeri.

Fenomena-fenomena ini yang terus menjadi perhatian KORAN SINDO agar bagaimana negara ini terbebas dari korupsi, bagaimana negara memberikan perlakuan hukum yang sama terhadap warga negaranya dengan tidak memandang status sosialnya. Dalam bidang ekonomi, kita juga turut berpartisipasi bagaimana mendukung kebijakan pemerintah agar terus memajukan kehidupan ekonomi masyarakat agar menjadi macam Asia dan dunia. Kita terus mendorong ekonomi bangsa ini maju secara berkeadilan, bukan ekonomi yang hanya menguntungkan segelintir kelompok atau golongan tertentu.

Pemerataan pembangunan harus terus digencarkan agar kue-kue pembangunan bisa dinikmati oleh segenap komponen bangsa ini. Dalam pembangunan terutama dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN tahun depan, kita juga terus mendorong agar pembangunan sumberdaya manusia (SDM) menjadi prioritas utama. Pasalnya, SDM merupakan modal utama bagi bangsa ini untuk bisa sejajar dengan bangsa lain. Kuncinya hanya satu, memajukan dunia pendidikan yang merata di seluruh Indonesia hingga pendidikan tinggi.

Alokasi 20% APBN seharusnya dapat dioptimalkan untuk memajukan dunia pendidikan kita. Kita sangat concern bagaimana negara ini bisa menyelenggarakan pendidikan yang murah tetapi tetap berkualitas. Komersialisasi pendidikan menjadi salah satu penghambat kemajuan pendidikan. Hal ini harus diubah. Pendidikan harus menjadi milik bersama bangsa. Negara wajib menjamin pendidikan yang bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Kita juga sangat mendukung apa pun upaya bangsa ini agar bisa tumbuh baik di tengah kompetisi dunia yang makin ketat saat ini dengan tetap mempertahankan identitas budaya nasional. Tidak lupa, KORAN SINDO hadir dengan berbagai rubrik inspiratif yang sangat dibutuhkan masyarakat modern saat ini. Mulai sajian-sajian sport yang tercakup dalam section Hattrick, hingga rubrik-rubrik gaya hidup yang ada di section lifestyle. Di tengah serbuan teknologi digital saat ini, KORAN SINDO percaya media cetak akan tetap hadir dan bisa memberikan warna bagi kemajuan negara ini. Ide dan kreativitas menjadi ”soko guru” kami.

Dengan konsep view paper seperti saat ini, KORAN SINDO akan terus hadir bersama media-media lain di Indonesia. Dengan kreativitas ini, KORAN SINDO telah diterima dengan baik di semua kalangan masyarakat Indonesia yang kini semakin kritis dan cerdas. Kita sangat berterima kasih kepada seluruh stakeholder termasuk para pembaca KORAN SINDO. Semoga ke depan KORAN SINDO bisa terus ikut mewarnai dan menjadi lokomotif bagi kemajuan negara ini.

Kita bertekad akan terus menjadi media cetak yang bisa menjadi sumber referensi terpercaya bagi masyarakat Indonesia.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5395 seconds (0.1#10.140)