Bawaslu Segera Usut Kampanye Jokowi di Monas

Rabu, 25 Juni 2014 - 17:39 WIB
Bawaslu Segera Usut Kampanye Jokowi di Monas
Bawaslu Segera Usut Kampanye Jokowi di Monas
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera menyelidiki dugaan kampanye Calon Presiden (Capres) Joko Widodo yang menggunakan fasilitas pemerintah di lapangan Monas, Minggu 22 Juni 2014 lalu.

Sebagai langkah awal pengusutan, Bawaslu akan minta keterangan dari pihak pelapor dan penyelenggara acara untuk memutuskan apakah kegiatan itu masuk kategori pelanggaran kampanye atau tidak.

"Kami akan kirim surat ke pelapor dan penyelenggara itu, karena itu bukan kegiatan kampanye, tapi jalan sehat," ujar anggota Bawaslu, Nelson Simanjuntak, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Nelson mengatakan, pihaknya akan mengkaji lebih dalam sebelum memutuskan perkara itu. Alasannya, kegiatan jalan sehat yang dihadiri capres nomor urut 2 itu apakah masuk dalam pelanggaran kampanye atau sebatas pelanggaran peraturan daerah (perda).

"Kita harus teliti apakah itu kegiatan kampanye yang dibungkus kegiatan lain. Kita akan periksa apakah itu pelanggaran kampanye atau melanggar perda," katanya.

Sebelumnya, tim advokasi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melaporkan capres yang biasa disapa Jokowi atas dugaan melakukan kampanye dengan menggunakan fasilitas pemerintah.
Jokowi diduga menggunakan fasilitas pemerintah seperti lapangan Monas dan kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dalam kegiatan lari pagi.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)