Kontroversi Kertas di Balik Jas Hitam Jokowi

Selasa, 10 Juni 2014 - 13:30 WIB
Kontroversi Kertas di Balik Jas Hitam Jokowi
Kontroversi Kertas di Balik Jas Hitam Jokowi
A A A
JAKARTA - Sebuah lipatan kertas yang menyembul di balik jas Joko Widodo alias Jokowi saat debat perdana capres-cawapres tadi malam menjadi perbincangan hangat di media sosial. Warga Twitter meributkan isi kertas tersebut.

Pantauan Sindonews tadi malam, kertas tampak jelas menyembul dari balik jas hitam Jokowi sedari awal hingga 10 menit acara berjalan. Kertas yang membuat orang-orang bertanya-tanya ini sudah tidak terlihat lagi ketika pasangan Prabowo-Hatta menuntaskan pemaparan visi misi di segmen pertama debat capres.

Sontak kertas itu membuat Jokowi menjadi sorotan di media sosial, selain poin-poin debat capres. Coba saja simak beberapa akun yang berkicau di Twitter.

@samandayu Misteri Kertas Nyempil Jokowi, Kertas Contekan atau Doa?...

@lufiz Jokowi bawa contekan keluar dari jas hahaha

@LarasatiNasir Baru smpe keren bngt pake jas,tpi,,,,contekannya kliatan bngt nyempil,rupanya sdh dipersiapkan timsesnya,mau debat kok bawa contekan ya

@dwiky_sk Jokowi Belum jadi capres aja dah boong dah jelas itu contekan malah ngakunya doa


Kicauan yang menuding Jokowi membawa contekan kemudian diklarifikasi oleh Eep Saefulloh Fattah, CEO PolMark Indonesia yang menjadi konsultan politik Tim Sukses Jokowi-JK di akun Twitter @EepSFatah disertai foto Jokowi menunjukkan kertas yang bertuliskan huruf Arab. "Ini kertas yang tadi nongol di jas Pak @jokowi_do2: Titipan doa dari Ibunda tercinta."

Penjelasan ini pun disambut para pendukung Jokowi. Salah satunya kicauan dari aku @Outstandjing. "Ada yg meributkan Jokowi bawa contekan. Ternyata kertas tsb isinya doa Nabi Musa (AS). Fyi, itu doa beliau ketika akan menghadapi Firaun."

Namun hal itu masih menjadi pertanyaan. Banyak akun menampilkan foto dengan penjelasan perbedaan ukuran kertas yang ada di tangan dengan yang berada di balik jas Jokowi.

Dalam penjelasan tersebut, ukuran kertas yang bertulis doa dari Ibunda Jokowi berukuran kecil dan tampak ada lipatan di tengahnya. Kertas berukuran kecil itu lazimnya disimpan di saku celana.

Namun dikatakan, kertas yang menyembul dari balik jas Jokowi disebut berukuran besar atau A4. Ukuran kertas itu sangat jelas terlihat besar dibandingkan ukuran kertas doa yang sempat ditunjukkan Jokowi.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6758 seconds (0.1#10.140)