FSI Prediksi Rakyat Indonesia Pilih Prabowo-Hatta

Senin, 09 Juni 2014 - 03:02 WIB
FSI Prediksi Rakyat Indonesia Pilih Prabowo-Hatta
FSI Prediksi Rakyat Indonesia Pilih Prabowo-Hatta
A A A
JAKARTA - Mayoritas masyarakat diprediksi akan memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ketimbang Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) di Pilpres 2014.

Hal demikian merupakan hasil survei terbaru dari Fokus Survei Indonesia (FSI) tentang tingkat elektabilitas para kandidat peserta Pilpres 2014 dalam beberapa kriteria.

"Dalam hasil survei kami untuk mengukur elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden, maka tingkat elektabilitas Prabowo-Hatta lebih unggul dari Jokowi-Jusuf Kalla," ujar Direktur Eksekutif FSI, Iswan Abdulah dalam keterangan resminya, Minggu 8 Juni 2014.

Dalam survei yang dilaksanakan pada 20-30 Mei 2014 ini, pasangan Prabowo-Hatta mendapatkan angka 45,7 persen. Sementara pasangan Jokowi-JK mendapatkan angka 45,2 persen.

Disamping itu, sebanyak 9,1 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dirinya mengatakan, tingginya elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta lebih disebabkan rasa kepercayaan dari masyarakat yang semakin meningkat dibangkan pasangan Jokowi-JK.

Sementara menurunnya elektabilitas pasangan Jokowi-JK lebih disebabkan pencitraannya yang sudah mulai redup. "Selain itu, keunggulan ini dikarenakan pasangan Prabowo-Hatta lebih banyak diterima oleh berbagai elemen masyarakat secara sukarela," katanya.

Hal demikian, menurut dia, terbukti dari banyaknya deklarasi tim sukses Prabowo-Hatta dari berbagai kalangan. "Selain itu, Prabowo-Hatta juga dinilai memiliki modal dasar yang lebih baik dan lebih," ucapnya.

Dalam temuan hasil surveinya, masyarakat menginginkan pemimpin yang memiliki strong leadership dan ketegasan. Disusul kategori jujur dan berintegritas, menjamin rasa aman, berkharisma dan berwibawa serta pintar dan bekerja keras.

"Dalam penelitian yang kami lakukan terdapat masyarakat ingin pemimpin yang tegas sebesar 28 persen, jujur dan berintegritas 17,5 persen, menjamin rasa aman 12,5 persen, berkharisma dan berwibawa 11,6 persen, pintar dan bekerjakeras 10,4 persen, dan sisanya terbagi dalam kategori lainnya," imbuhnya.

Sekadar diketahui, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan wawancara tatap muka langsung dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sedangkan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 3256 responden yang berasal dari seluruh kota dan kabupaten seluruh Indonesia, dengan margin of error sebesar 1,67 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6838 seconds (0.1#10.140)