Tim Jokowi Ingatkan Netralitas TNI

Sabtu, 07 Juni 2014 - 07:16 WIB
Tim Jokowi Ingatkan Netralitas TNI
Tim Jokowi Ingatkan Netralitas TNI
A A A
JAKARTA - Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengingatkan agar netralitas TNI di pemilu presiden benar-benar terjaga. Sebab, munculnya kabar tentang bintara pembina desa (Babinsa) yang mendata pilihan warga untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti telah memunculkan keresahan.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI sudah mengamanatkan agar tentara bertindak netral.

Tjahjo lantas menyebut ketentuan dalam UU TNI tentang jati diri tentara profesional yang tidak terlibat politik praktis namun segaris dengan kebijakan politik negara.

“Tugas pokok TNI adalah operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang. Pasal 39 (UU TNI) menegaskan bahwa prajurit TNI dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis,” kata Tjahjo di Jakarta, Jumat 6 Juni 2014.

Tjahjo menegaskan, TNI harus menghindarkan diri menjadi alat kelompok tertentu. Karenanya Tjahjo menyayangkan adanya oknum Babinsa TNI yang mendata warga sembari mengarahkan pilihan di pemilu presiden (pilpres) kepada pasangan capres tertentu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8428 seconds (0.1#10.140)