PDIP Tegaskan Tidak Pernah Ajak Perwira Aktif

Senin, 02 Juni 2014 - 23:53 WIB
PDIP Tegaskan Tidak...
PDIP Tegaskan Tidak Pernah Ajak Perwira Aktif
A A A
JAKARTA - Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sidarto Danusubroto membantah partainya meminta dukungan perwira tinggi TNI aktif untuk membela pasangan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK).

"Enggak ada. Saya kan pengarah tim kampanye nasional," ujar Sidarto saat menghadiri pengukuhan pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti tahun 2013-2018 di Halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/6/2014).

Sekadar diketahui, sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan ada pihak-pihak yang menarik sejumlah perwira tinggi untuk berpihak kepada salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden saat ini.

Hal itu dikatakan SBY saat memberikan pengarahan kepada ratusan perwira tinggi TNI/Polri di Gedung Pierre Tendean, kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, siang tadi.

"Kita tidak ada usaha ke sana. Yakin tidak ada. Memang di pengarahan ada Pak Hendropriyono (Mantan Kepala BIN), Pak Luhut Panjaitan, tapi dalam TNI kita yakin tidak ada usaha ke sana," kata Sidarto yang merupakan Ketua MPR .

Menurut Sidarto, perwira TNI dan Polri harus netral dalam Pemilu. Oleh karena itu upaya menarik perwira TNI dan Polri aktif tidak dibenarkan.

Dia pun mengaku sependapat dengan Presiden SBY saat memberikan pengarahan kepada ratusan perwira TNI dan Polri di Kantor Kementerian Pertahanan siang tadi.

"Memang harus begitu ya. Beliau panglima tertinggi. Harus ingatkan jajarannya untuk netral," tutur mantan Ajudan Presiden Soekarno itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)