Simulasi Pengamanan Pilpres, Jalan Braga Ditutup

Jum'at, 30 Mei 2014 - 16:19 WIB
Simulasi Pengamanan Pilpres, Jalan Braga Ditutup
Simulasi Pengamanan Pilpres, Jalan Braga Ditutup
A A A
BANDUNG - Kepolisian Polrestabes Bandung menggelar simulasi pengamanan Pilpres 2014 di sekitar Balai Kota Bandung dan Jalan‎ Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Simulasi yang dilakukan Jumat (30/5/2014) itu pertama kali dilakukan di dalam Balai Kota Bandung. Di tempat itu, pihak kepolisian melakukan simulasi mengenai pendistribusian logistik kebutuhan pemilu untuk dibawa ke gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU). Simulasi dilanjutkan dengan pengamanan kotak suara dari mulai gudang ke PPK, PPS, hingga digunakan pada 9 Juli nanti.

Setelah melakukan simulasi di Balai Kota Bandung, kegiatan pun dilanjutkan di Jalan Braga yang berjarak sekitar 100 meter. Untuk kebutuhan simulasi, pihak kepolisian memberlakukan penutupan jalan sementara di sepanjang Jalan Braga.

Di lokasi ini, dilakukan simulasi mengenai kemarahan salah satu pendukung capres-cawapres. Pendukung capres-cawapres melampiaskan kemarahan dengan aksi penjarahan di sepanjang toko di Jalan Braga. Aksi penjarahan itu mengagetkan masyarakat yang tengah berada di Jalan Braga. Bahkan, beberapa pedagang yang menjadi korban penjarahan pun dibuat kaget saat sejumlah massa menjarah tokonya.

Para penjarah yang diperankan oleh ratusan anggota Satreskrim dan Sat Intelkam tersebut‎ juga secara spontan masuk ke dalam sebuah minimarket dan lagi-lagi melakukan penjarahan. Akhirnya, personel dari Sat Dalmas Polrestabes Bandung datang untuk membubarkan massa. Namun, massa yang beringas malah berbalik menyerang anggota yang bertugas. Dengan kondisi tersebut, Polrestabes Bandung meminta bantuan kepada personel Brimob Polda Jabar untuk membubarkan massa.

Massa yang masih beringas itu pun terpaksa diberikan beberapa kali tembakan peringatan ke arah udara, menggunakan senjata laras panjang hingga akhirnya massa membubarkan diri. "Dalam simulasi kita libatkan sekitar 800 personel gabungan termasuk Brimob Polda Jabar," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi, di sela-sela kegiatan simulasi.

Mashudi berharap, dengan kegiatan seperti ini para anggota bisa terbiasa dan melatih saat melakukan pengamanan, pengawalan, hingga penjagaan dalam Pilpres 2014.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5809 seconds (0.1#10.140)