Dukung Prabowo, Ki Manteb Serahkan Wayang Wekudoro

Kamis, 29 Mei 2014 - 18:11 WIB
Dukung Prabowo, Ki Manteb Serahkan Wayang Wekudoro
Dukung Prabowo, Ki Manteb Serahkan Wayang Wekudoro
A A A
SOLO - Dalang wayang kulit kondang Ki Manteb Sudarsono mengibaratkan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto, bagaikan sosok Wekudoro (Bima) salah satu tokoh dalam pewayangan.

Menurut Manteb, sosok Wekudoro sangat pas diberikan kepada Prabowo. Sebab, apa yang terdapat dalam Wekudoro, ada pada diri Prabowo.

"Wekudoro itu sosok yang kuat, tegas dan berani untuk mengatakan benar itu benar dan yang salah itu salah," papar Ki Manteb di sela pemantapan tim kemenangan Prabowo-Hatta di hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/5/2014).

Alasan itulah yang membuat Ki Manteb secara bulat mendukung Prabowo sebagai Capres. Manteb mengaku sejak awal dirinya kenal dengan Prabowo, Manteb melihat bila mantan Danjen Kopassus itu tak pernah merubah keputusan yang telah dikeluarkannya.

Meskipun diakui oleh Manteb, sebenarnya berat bagi dirinya untuk memutuskan harus mendukung siap. "Terus terang berat bagi saya untuk memutuskannya. Karena keduanya juga dekat dengan saya," jelasnya.

Saat ditanya sosok tokoh pewayangan yang pas untuk Jokowi, Manteb mengatakan bila tokoh pewayangan yang sesuai untuk Jokowi yaitu Kuntodewo. Sebenarnya ungkap Manteb, tak seharusnya kedua tokoh ini saling berhadap-hadapan. Karena keduannya merupakan kesatria yang konsekuen mensejahterakan rakyatnya.

Namun keputusan politik yang akhirnya mempertemukan keduanya dalam pilpres ini. Meskipun baik Kunthodewo dan Wekudoro merupakan satu keluarga,namun diantara keduannya harus ada yang keluar sebagai seorang pemimpin. "Dan saya melihat,Prabowolah yang pas sebagai pemimpin," paparnya.

Sebagai wujud dukungan dalang kondang ini, satu buah wayang kulit yang menggambarkan sebagai tokoh Wekudoropun akan diberikan langsung kepada Prabowo.

"Wekudoro ini nanti akan saya berikan langsung ke Pak Prabowo. Karena Wekudoro ini memang pas banget dengan Pak Prabowo," jelas Manteb sambil menunjukan kebolehannya memainkan wayang kulit.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9196 seconds (0.1#10.140)